WAHYUNI FITRIA, . (2020) TINDAKAN SOSIAL INDIVIDU DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM (Studi Kasus Pada 9 Mahasiswa Pengguna Instagram Di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal yang diunggah pada 9 mahasiswa di Jakarta pada akun Instaram mereka dan mengkaji tindakan sosial individu pada 9 mahasiswa di Jakarta dalam menggunakan Instagram. dalam kajian tersebut melalui teori tindakan sosial menurut Max Weber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 10 informan yakni 9 mahasiswa pengguna Instagram yang tersebar di Jakarta dan perangkat tokoh yang berkaitan dengan tema penelitian dari BAKTI KEMKOMINFO. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan, pengamatan dan berupa data sekunder seperti tinjauan penelitian sebelumnya, sumber informasi pada web internet, dan akun pribadi setiap informan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tindakan sosial yang dilakukan pada 9 mahasiswa di Jakarta dalam menggunakan Instagram. Karena setiap individu melakukan tindakan dalam menggunakan Instagram mempunyai arti subjektif yaitu sebagai pengekspresian diri mereka pada followers. Sasaran tindakan yang dilakukan oleh setiap informan pada orang lain yaitu followers dari setiap akun pribadi informan.Terdapat motif-motif yang dimiliki dalam menggunakan Instagram sebagaimana motif merupakan penyebab dari tindakan. Tindakan yang dilakukan dalam menggunakan Instagram oleh setiap individu terdapat timbal balik antara informan dengan followers. Selain itu makna tindakan yang dilakukan sebagai motif, dibagi menjadi empat jenis motif. Pertama tindakan tradisional, individu memiliki keramahan pada followers dengan berinteraksi pada siapa pun sebagaimana menggambarkan masyarakat Indonesia. Kedua, tindakan afektif, rasa sayang yang dimiliki setiap informan pada followers dengan membagikan unggahan yang bermanfaat untuk followers. Ketiga, rasionalitas nilai, setiap informan membantu teman-temannya dalam mempromosikan produk yang akan di jual tanpa mengharapkan bayaran khususnya pada informan yang memiliki jumlah followers yang banyak. Keempat, rasionalitas instrumental, setiap informan mempertimbangkan unggahan yang dibagikan pada akun pribadi masing-masing sesuai kapasitas yang dimiliki dan terhadap lingkungan di masyarakat. This study aims to describe the things uploaded to 9th students in Jakarta on their Instagram accounts and to explain the individual social actions of 9 student college in Jakarta using Instagram. In this was studied through the theory of social action according to Max Weber. This research used a qualitative approach with a case study research method. The research subjects consisted of 10 informants, namely 9 Instagram user students spread across Jakarta and figures related to the research theme of BAKTI KEMKOMINFO. The data collection is done by in-depth intervies with informants, observations, and in the form of secondary data such as a review of previous research, sources of information on the internet web, and informants Instagram accounts private. The result of this research is that there are social actions taken by 9 students in Jakarta using Instagram. Because an individual takes action in using Instagram has a subjective meaning, namely as an expressions of themselves to their followers. The target of the actions taken by each informant to others is the followers of each informant's personal account. There are motives that they have in using Instagram as motives are the cause of action. The actions taken in using Instagram by each individual are reciprocal between informants and followers. In addition, the meaning of the action carried out as a motive is divided into four types of motives. The first, traditional actions, individuals have friendliness to followers by interacting with anyone as describing Indonesian society. The second, affective action, the affection that each informant has for followers by sharing useful uploads for followers. Third, value rationality, an informant helps friends to sell without expecting payment, especially for informants who have a large number of followers. Fourth, instrumental rationality, an informant considers the uploads that are shared on their personal accounts according to their capacity and the environment in society.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Syaifudin, M.Kesos ; 2). Achmad Siswanto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 5736 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 12:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 12:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9534 |
Actions (login required)
View Item |