BRENDA SEPTIASARI, . (2020) PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN TARI SEBAGAI SARANA PEMBENTUK KONSENTRASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya siswa tunagrahita untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill untuk mengembangkan konsentrasi belajar tari pada siswa tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Data penelitian diperoleh dari sumber data yang meliputi jurnal ilmiah mengenai konsentrasi belajar, pembelajaran tari, metode drill, dan individu tunagrahita. Sumber buku yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu buku fisik dan buku elektronik baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Buku fisik dan elektronik yang digunakan mengenai konsentrasi belajar, pembelajaran tari, metode drill, dan individu tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan konsentrasi belajar siswa adalah metode drill dapat digunakan untuk melatih pusat perhatian dan sejalan dengan kondisi yang dialami oleh siswa tunagrahita. Adanya metode drill pada pembelajaran tari dapat mengembangkan konsentrasi belajar pada siswa tunagrahita. Kata kunci: konsentrasi belajar, metode drill, pembelajaran tari, tunagrahita. ****************** This research aims to know the use of drill method in increasing mentally retarded students’ concentration in dancing class. The method used in this research is qualitative library research. The sources are obtained from scientific journals related to the topic of this research such as the concentration of learning, dance learning, drill method, and people with mental retardation. Book sources which are used for this research are physical and electronic books from outside and within the country. Those physical and electronic books discuss concentration, concentration of learning, dance learning, drill method, and people with mental retardation. According to the research’s result we can conclude that the drill method can be used to increase students’ concentration in learning. The drill method can be used to train mental retarded students’ center of attention in line with their conditions. In conclusion, with the drill method in dance learning the mental retarded students’ concentration of learning can be increased. Keywords: concentration of learning, drill method, dance learning, mental retardation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Romi Nursyam, S.Sn., M.Sn. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 4699 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 10:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 10:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9797 |
Actions (login required)
View Item |