“PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PADA POKOK BAHASAN RANCANGAN MENU”

NURAINA FARIHAH, . (2019) “PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PADA POKOK BAHASAN RANCANGAN MENU”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf

Download (183kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian kuasi eksperimenini adalah untuk mempelajaripengaruh metode STADterhadapkeaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Rancangan Menu mata pelajaran Tata Hidang dan Pelayanan Makan Minum di kelas XI KulinerSMK Negeri 3Bogor semester ganjil tahun pelajaran2019/2020.Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 2 buah kelas XI Kuliner yang masing-masing berjumlah 34 orang peserta didik. Pengukuran pengaruh metode STADterhadap keaktifan dilaksanakan dengan dua kali pengamatan aktifitas pada kelas eksperimen, pengamatan pertama pada proses ceramah dan pengamatan kedua pada proses penerapan STAD. Pengukuran pengaruh metode STADterhadap hasil belajar dilaksanakan dengan melakukan validitas empiris, dan melakukan pre-testdan post-testberupa soal pilihan ganda pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penilaian pada keaktifan peserta didik dilakukan dengan analisis deskriptif dan penilaian pada hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji U Mann Whitney karena data berbentuk nominal dan terdistribusi tidak normal. Hasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan peserta didik meningkat sebesar 16,2% pada pengamatan kedua dan rata-rata hasil belajar meningkat sebanyak 17,47 pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode STAD terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SMK pada pokok bahasan Rancangan Menu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rina Febriana, M. Pd ; 2). Dr. Rusilanti, M. Si
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Feb 2021 12:36
Last Modified: 11 Feb 2021 12:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item