MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 14 Jakarta Timur)

DEFI INTAN PUSPARINI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 14 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3 dan 4. ABSTRAK INDO ENG.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DIAGRAM.pdf

Download (78kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
11. BAB II BARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
13. BAB IV FIXXX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning pada peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri Ciracas 14 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri Ciracas 14 Jakarta Timur dengan jumlah peserta didik sebanyak 32. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I pertemuan ke-3, kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS yang mendapatkan nilai ≥72 sebanyak 20 peserta didik dengan presentase sebesar 62,5%. Pada siklus II pertemuan ke-3 mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS yang mendapatkan nilai ≥72 sebanyak 29 peserta didik dengan presentase sebesar 90,6%. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran IPS memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-3 sebesar 80%. Untuk pemantau tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-3 sebesar 76%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil pertemuan ke-3 sebesar 95% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-3 sebesar 92%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV B SD Negeri Ciracas 14 Jakarta Timur dapat meningkat dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd ; 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:22
Last Modified: 10 Aug 2021 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16716

Actions (login required)

View Item View Item