ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI IKLAN MALAJAH ELLE DAN MARIE CLAIRE

BELLA DWISUDAWATI, . (2019) ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI IKLAN MALAJAH ELLE DAN MARIE CLAIRE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.cover.pdf

Download (224kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
03. lembar pengesahan 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
03. lembar pengesahan 2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
03. lembar persetujuan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
04. lembar orisinalitas.pdf

Download (87kB)
[img] Text
05. kata pengantar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
06. daftar isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
09. bab1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
10. bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
11. bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
12. bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
13. bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa personifikasi tercermin dalam kalimat iklan majalah wanita Prancis, yakni majalah Elle dan Marie Claire. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk gaya bahasa personifikasi dalam wacana iklan dari berbagai produk dalam majalah Elle dan Marie Claire dengan merujuk pada teori Fontanier sebagai acuan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik menurut Miles dan Huberman yang dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan atau verifikasi data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel analisis data berupa tabel iklan yang mengandung bentuk gaya bahasa personifikasi. Hasil penelitian dari 9 majalah Elle dan Marie Claire, ditemukan sembilan majalah yang memiliki iklan dengan penggunaan gaya bahasa personifikasi. Setelah dilakukan analisis, 30 wacana iklan teridentifikasi mengandung gaya bahasa personifikasi. Selain itu, ditemukan total 25 kata kerja dengan sifat insani yang digunakan untuk subyek benda mati dalam wacana iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna, S.Pd, M.Hum ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:26
Last Modified: 15 Dec 2021 04:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item