BELLA DWISUDAWATI, . (2019) ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI IKLAN MALAJAH ELLE DAN MARIE CLAIRE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01.cover.pdf Download (224kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
|
Text
03. lembar pengesahan 1.pdf Download (180kB) |
|
Text
03. lembar pengesahan 2.pdf Download (195kB) |
|
Text
03. lembar persetujuan.pdf Download (128kB) |
|
Text
04. lembar orisinalitas.pdf Download (87kB) |
|
Text
05. kata pengantar.pdf Download (184kB) |
|
Text
06. daftar isi.pdf Download (185kB) |
|
Text
09. bab1.pdf Download (312kB) |
|
Text
10. bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
11. bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
12. bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
|
Text
13. bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa personifikasi tercermin dalam kalimat iklan majalah wanita Prancis, yakni majalah Elle dan Marie Claire. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk gaya bahasa personifikasi dalam wacana iklan dari berbagai produk dalam majalah Elle dan Marie Claire dengan merujuk pada teori Fontanier sebagai acuan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik menurut Miles dan Huberman yang dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan atau verifikasi data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel analisis data berupa tabel iklan yang mengandung bentuk gaya bahasa personifikasi. Hasil penelitian dari 9 majalah Elle dan Marie Claire, ditemukan sembilan majalah yang memiliki iklan dengan penggunaan gaya bahasa personifikasi. Setelah dilakukan analisis, 30 wacana iklan teridentifikasi mengandung gaya bahasa personifikasi. Selain itu, ditemukan total 25 kata kerja dengan sifat insani yang digunakan untuk subyek benda mati dalam wacana iklan tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ratna, S.Pd, M.Hum ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 04:26 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 04:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21847 |
Actions (login required)
View Item |