MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)

JULIA SEPTIYANA, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(1) cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
(2) halaman persetujuan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
(4) lembar originalitas.pdf

Download (263kB)
[img] Text
(7) daftar isi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
(12) Bab I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(13) daftar pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] Text
(14) RPP siklus 1 pertemuan 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
(25) validasi instrumen.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(22) instrumen tindakan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(19) instrumen kuesioner keterampilan sosial siklus 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 16:03
Last Modified: 19 Dec 2019 16:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item