KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN READING LOG (CATATAN BAACAAN) (Penelitian kualitatif di TK B Sekolah Cikal, Jakarta Selatan)

EKA FAUZIAH, . (2014) KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN READING LOG (CATATAN BAACAAN) (Penelitian kualitatif di TK B Sekolah Cikal, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (3kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membaca anak usia 5- 6 tahun melalui kegiatan reading log (catatan bacaan) di Sekolah Cikal, Jakarta Selatan pada bulan Desember 2015. Reading log adalah kegiatan mengemukakan kembali apa yang dibaca dengan cara lisan ataupun tulisan menggunakan kata atau bahasa sendiri. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keterampilan membaca apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan reading log. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik fenomenologi yang dilakukan secara interaktif dengan desain deskriptif serta teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, anak usia 5-6 tahun memproses keterampilan membaca (Reading Skill Acquisition) melalui pemahaman bunyi huruf, pemahaman isi bacaan dan respon terhadap bacaan. Proses tersebut dapat dihasilkan melalui kegiatan reading log, dimana terdapat faktor mempengaruhi keterampilan membaca anak. Faktor dari luar diri anak berupa lingkungan yang mendukung keterampilan membaca, sehingga menimbulkan faktor dari dalam diri anak berupa minat dan motivasi untuk anak mengembangkan keterampilan membacanya. This research aimed to describe the reading skills of children aged 5-6 years through reading activity log at School Cikal, South Jakarta in December 2015. Reading log is an activity restate what it reads by means oral or written using words or language itself , This research is aimed to determine the skills of reading anything that can be formed through reading log. Research using qualitative methods with techniques phenomenology performed interactively with a descriptive design and data collection techniques using observation, interviews and documentation. The analysis of the data used is the model of Miles and Huberman with data reduction, data presentation, and conclusion. The conclusion of this research found that, children aged 5-6 years process of reading skills (Reading Skill Acquisition) through understanding the sounds of the letters, the content of reading comprehension and response to reading. The process can be generated through the activities of reading logs, which are factors influencing the reading skills of children. Factors outside the child in the form of an environment that supports learning to read, causing factors of the child in the form of interest and motivation for children to develop reading skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati M.Si. 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:24
Last Modified: 04 Apr 2022 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item