PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK SMA DITINJAU DARI GENDER

MARIATUL QIBTIYAH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK SMA DITINJAU DARI GENDER. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
1.Cover.pdf

Download (77kB)
[img] Text
5.Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (466kB)
[img] Text
2.Lembar Persetujuan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3.LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8.Daftar Isi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
7.Kata Pengantar.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran ECIRR terhadap kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning peserta didik SMA ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Data dikumpulkan dari hasil tes kemampuan berpikir kritis matematik dan kuesioner self regulated learning yang diujikan kepada 60 peserta didik SMA Negeri di Kecamatan Mauk. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Direct Instructions, 2) terdapat interaksi model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematik, 3) kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik perempuan pada kelas yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Direct Instructions, 4) kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik laki-laki pada kelas yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR, 5) kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik laki-laki yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik laki-laki yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Direct Instructions, 6) kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik perempuan yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik perempuan yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Direct Instructions, 7) self regulated learning peserta didik yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Direct Instructions, dan 8) self regulated learning peserta didik perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik laki-laki pada kelas yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran ECIRR. The purpose of this experiment study was to investigate about the effect of ECIRR learning model to senior high school students’ mathematics critical thinking ability and self regulated learning based on gender. Datas were collected from mathematics critical thinking ability test and self regulated learning questionare which distributed to 60 students in state senior high school in Mauk Subdistrict. The research found that: 1) students who got treatment ECIRR learning model were better than students who got treatment Direct Instructions learning model in mathematics critical thinking ability, 2) there was an interaction between learning model and gender toward mathematics critical thinking ability, 3) mathematics critical thinking ability of males better than females in Direct Instructions learning model class, 4) mathematics critical thinking ability of females better than males in ECIRR learning model class, 5) mathematics critical thinking ability of males who got treatment ECIRR learning model better than males who got treatment Direct Instructions learning model, 6) mathematics critical thinking ability of females who got treatment ECIRR learning model better than females who got treatment Direct Instructions learning model, 7) students who got treatment ECIRR learning model were better than students who got treatment Direct Instructions learning model in self regulated learning, 8) self regulated learning of females better than males in ECIRR learning model class.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:22
Last Modified: 11 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26208

Actions (login required)

View Item View Item