Upaya Peningkatan Sikap Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Group Investigation.

KAMELIA FITRI JAHRA, . (2017) Upaya Peningkatan Sikap Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Group Investigation. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah melalui model group investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 72 Jakarta, dengan subyek penelitian kelas XI IBB yang berjumlah 25 siswa pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan materi pokok Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Portugis dan Spanyol di Indonesia. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner skala sikap, observasi presentasi & makalah, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindakan pada tiap siklus terhadap sikap belajar siswa melalui model group investigation menujukan peningkatan dari 79.8% pada siklus I, dan 86% pada siklus II, dengan pencapaian 16 atau 64% siswa mencapai kriteria baik dan 9 atau 36% siswa masih pada kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pencapaian sikap belajar siswa sebanyak 19 atau 76% mencapai kriteria baik dan 6 atau 24% siswa telah mencapai kriteria sangat baik. Penelitian ini juga di dukung dengan rata-rata hasil observasi presentasi siswa sebesar 80 pada siklus I dan 92.6 pada siklus II, serta hasil kerja kelompok sebesar 89 pada siklus I dan 94 pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa sikap belajar siswa kelas XI IBB SMAN 72 pada mata pelajaran Sejarah telah meningkat melalui model group investigation. This research aims to improve learning attitude of XI IBB student in History mayor with group investigation model. This research held on SMA 72 Jakarta with the research's subject is XI IBB class which amount in 25 person on first semester on 2016/2017 academic year The research method using Action Class Research with Kemmit and Mc Taggart model within 2 cycle with the main material is “The Coming Progress and Development Portuguese and Spain Colonization in Indonesia”. Every cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The data obtaining media that used in is attitude questionnaire scale, observation, presentation, assignment and field data. The result of this research showed that action in every cycle of student learning attitude via group investigation model increasing from 79,8% in the 1st cycle, and 86% in the 2nd, with 16 - 64% student achieved the good criteria and 9 - 36% student still in the average criteria. In the second cycle the enhancement of student learning attitude increasing until 19 - 76% get the good criteria and 6 - 24% student has achieved in the better criteria. This research also empowered by the average results of observation presentation by 80 in the first cycle and 92.6 in the second cycle, and also the result of teamwork by 89 in the first cycle and 94 in the second cycle. Based on the research result in this class, we can conclude that learning attitude of XI IBB student in SMAN 72 with the history subject has been improved by Group Investigation model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. 2). Drs. Ahmad Sadek M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:36
Last Modified: 11 Apr 2022 01:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item