SULANJARI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN LOMPAT TALI (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Ceria Cempaka Cipayung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (63kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (103kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
3. ABSTRAK BARU.pdf Download (113kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Download (348kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (12kB) |
|
Text
8. SKRIPSI BAB 1-5.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR IS1.pdf Download (186kB) |
|
Text
LAMPIRAN CATATAN Lapangan.pdf Download (316kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun setelah mendapatkan perlakuan berupa kegiatan melalui bermain Lompat Tali. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Ceria Cempaka Kel. Cipayung Kec. Cipayung Jakarta Timur dari bulan Mei – Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, yang terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan yaitu melalui teknik observasi checklist yang berupa catatan lapangan, lembar pemantauan tindakan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data yang di dapat pada penelitian tindakan kelas yaitu pada pra penelitian sebesar 57,14 %, pada siklus 1 sebesar 77,23%. Dan peneliti memberikan tindakan sehingga prosentase menjadi naik. Pada siklus 2 dengan empat kali pertemuan, prosentase meningkat menjadi 90,82%. Berdasarkan peningkatan prosentase dari penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar anak usia 5-6 tahun khususnya pada komponen lokomotor dan non lokomotor. This study aims to improve the gross motor skills of children aged 5-6 years after receiving treatment in the form of activity through play Jump Rope. This research was conducted in Ceria Cempaka Early Childhood Education, Cipayung, East Jakarta of the month from May to June 2016. The method used was classroom action research conducted in two cycles, comprising; planning, implementation, action and reflection. Collecting data using non-test to obtain data on the implementation of the action is through checklist observation in the form of field notes, sheet monitoring of action, interview notes and documentation notes. Analysis of the data obtained in a classroom action research that is at the pre-research amounted to 57.14%, in the first cycle of 77.23%. And researchers provide actions that percentage to rise. In cycle 2 with four meetings, the percentage increased to 90.82%. Based on the increase in the percentage of this research, it can be stated that the hypothesis is accepted. It can be concluded that skipping activities can improve gross motor skills of children aged 5-6 years, especially in parts of the locomotor and non-locomotor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sofia Hartati M.Si. 2). Dr. Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:41 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27420 |
Actions (login required)
View Item |