TANIA RAHMIANTI PUTRI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PRESENTASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS III SDN CURUG 5 CIMANGGIS DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (182kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (595kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (299kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) |
|
Text
13. BAB IV DESKRIPSI & ANALISIS DATA.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (363kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (442kB) |
|
Text
14. BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf Download (16kB) |
|
Text
26. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98kB) |
|
Text
25. SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf Download (554kB) |
|
Text
24. SURAT PERMOHONAN IZIN PENELITIAN.pdf Download (608kB) |
|
Text
16. RPP PERTEMUAN 1-6.pdf Download (595kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keterampilan berbicara dalam presentasi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SDN Curug 5 Cimanggis Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester 2 tahun 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kurt Lewin. Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: keterampilan berbicara dalam presentasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I 65,94% dan pada siklus II mencapai 84,63%. Penerapan pendekatan kontekstual juga meningkat dari siklus I persentase perolehan guru sebesar 76,25% dan perolehan siswa sebesar 73,75%, siklus II persentase perolehan guru sebesar 98,75% dan perolehan siswa sebesar 95,00%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam presentasi siswa kelas III SDN Curug 5 Cimanggis Depok. This classroom action research aims to determine whether there is improving speaking skills in presentation through Contextual Teaching and Learning on 3 rd grade students of SDN Curug 5 Cimanggis Depok. The subjects were 3rd grade students in the 2nd half of 2016/2017. This research method was classroom action research conducted using a model of Kurt Lewin cycle. Classroom action research done in 2 cycles through a few of steps; planning, implementation, observation, and reflection as a basis for re-planning the next cycle. The results of this research are: speaking skills in presentation have increased, got 65.94% on the first cycle and the second cycle reached 84.63%. Implementated Contextual Teaching and Learning also increased, from 76.25% teacher activity and 73.75% students activity in cycle I and reached to 98.75% teacher activity and 95.00% students activity in cycle II. It can be concluded that by using Contextual Teaching and Learning can improve speaking skills in presentation on 3 rd grade students of SDN Curug 5 Cimanggis Depok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 01:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27487 |
Actions (login required)
View Item |