UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI METODE RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII-1 SMP AL-KAMAL JAKARTA TAHUN 2015

SAIFFURROHIM, . (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI METODE RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII-1 SMP AL-KAMAL JAKARTA TAHUN 2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE oim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar pustaka dan lampiran 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lampiran 2.pdf

Download (456kB)
[img] Text
lembar pengesahan dan surat-surat.pdf

Download (764kB)
[img] Text
lampiran 3.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar cara passing dengan kaki bagian dalam siswa SMP Al-Kamal Jakarta kelas VII-1 tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah resiprokal. Metode mengajar resiprokal adalah salah satu metode mengajar di mana siswa berpasangan, satu siswa menjadi pelaku dan satu siswa menjadi pengamat dan memberikan umpan balik setelah itu bergantian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Al-Kamal Jakarta, yang mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Kemudian diambil sample dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Yaitu siswa kelas VII-I sebanyak 37 siswa. Teknik analisis data dengan mencari sumber data dalam penelitian yaitu siswa dan tim pengajar pendidikan jasmani, dengan jenis data kuantitatif yang diperoleh langsung dari observasi dan pengamatan yang dilakukan kolabolator sebelum dan sesudah dilakukan tindakan berupa proses pengajaran metode mengajar resiprokal. Hasil penelitian menyimpulkan ada peningkatan hasil passing dalam permainan sepak bola jika dilihat dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu siswa yang lulus sebanyak 7 siswa (18.92%) dan yang tidak lulus sebanyak 30 siswa (81.08%), pada siklus 1 terjadi peningkatan yang cukup baik yaitu 19 siswa (51.35%) telah lulus dan 18 siswa (48.65%) tidak lulus, pada siklus 2 terlihat peningkatan yang signifikan bahwa hampir seluruh siswa atau 35 siswa (94,59%) telah lulus dan hanya terdapat 2 siswa (5,41%) yang masih belum mampu menuntaskan nilai ketuntasan belajar mengoper (passing) permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Samsudin, M.Pd. ; 2). Dr. H. Taufik Rihatno.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:47
Last Modified: 26 Apr 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27707

Actions (login required)

View Item View Item