PENGARUH ARABIC CLUB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA MA AL-MUDDATSIRIYYAH JAKARTA

RIA ARISA, . (2014) PENGARUH ARABIC CLUB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA MA AL-MUDDATSIRIYYAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5-daftar isi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
1-cover setelah sidang.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3-abstrak.pdf

Download (318kB)
[img] Text
8-BAB 3.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9-BAB 4.pdf

Download (246kB)
[img] Text
10-BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
7-BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
6-BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
11-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
14-LAMPIRAN 3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
15-LAMPIRAN 4.pdf

Download (123kB)
[img] Text
12-LAMPIRAN 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
13-LAMPIRAN 2.pdf

Download (125kB)
[img] Text
16-LAMPIRAN 5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
20-LAMPIRAN 9.pdf

Download (169kB)
[img] Text
21-LAMPIRAN 10.pdf

Download (141kB)
[img] Text
17-LAMPIRAN 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18-LAMPIRAN 7.pdf

Download (557kB)
[img] Text
19-LAMPIRAN 8.pdf

Download (170kB)
[img] Text
24-LAMPIRAN 13.pdf

Download (165kB)
[img] Text
25-LAMPIRAN 14.pdf

Download (892kB)
[img] Text
26-LAMPIRAN 15.pdf

Download (2MB)
[img] Text
23-LAMPIRAN 12.pdf

Download (813kB)
[img] Text
22-LAMPIRAN 11.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Madrasah Islam Aliyah Al- Muddasiriyyah Jakarta pada bulan April – Mei 2014 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh arabic club terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis Ex post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MIA Al-Muddasiriyyah Jakarta. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan). Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-A yang terdiri dari 15 siswa yang mengikuti arabic club dan 15 siswa yang tidak mengikuti arabic club . Pengukuran hasil penguasaan berbicara pada kedua kelompok dilaksanakan dengan memberikan tes lisan yang berkaitan dengan judul tertentu. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelompok yang mengikuti Arabic Club diperoleh (Lhitung) Lo 0,14 dan pada kelompok yang tidak mengikuti Arabic Club diperoleh (Lhitung) Lo 0,21, sedangkan Ltabel pada kelompok eksperimen diperoleh 0,220 dan pada kelompok control diperoleh 0,220 (n = 15, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung< χ²tabel atau 3,25 < 3,84, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 6,10. Dengan db 28 dan ttabel = 1,70 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 6,10 > ttabel = 1,70 jadi H0 ditolak. Maka, terdapat pengaruh Arabic Club terhadap kemahiran berbicara bahasa arab siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mengikuti Arabic Club berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa di MIA Al-Muddasiriyyah Jakarta. Dengan demikian Arabic Club ini dapat digunakan sebagai salah satu kegiatan tambahan yang menunjang pembelajaran keterampilan berbicara sehingga siswa menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hazmida Kahar, M.Pd. ; 2). Ahmad Murodi, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 00:39
Last Modified: 11 May 2022 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item