HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DENGAN LOYALITAS PELANGGAN (CUSTOMER LOYALTY) MIE INSTAN INDOMIE PADA WARGA RW 06 KELURAHAN UTAN KAYU SELATAN JAKARTA TIMUR

ERINA NOVITASARI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DENGAN LOYALITAS PELANGGAN (CUSTOMER LOYALTY) MIE INSTAN INDOMIE PADA WARGA RW 06 KELURAHAN UTAN KAYU SELATAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER INGG.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
COVER INDO.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (601kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan loyalitas pelanggan (customer loyalty) mie instan Indomie pada warga RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan Jakarta Timur, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2013 sampai dengan Juni 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur. Populasi terjangkaunya adalah Ibu Rumah Tangga RT 007 yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 48 orang. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ=57,03+0,57X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,1112, sedangkan Ltabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1279. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 1,62 < Ftabel = 2,00, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 30,43 > Ftabel = 4,05, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,6295, maka ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan merek dengan loyalitas pelanggan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 5,49 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan merek dengan loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 39,63% yang menunjukkan bahwa 39,63% variasi loyalitas pelanggan ditentukan oleh kepercayaan merek. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara kepercayaan merek dengan loyalitas pelanggan mie instan Indomie pada warga RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. ***** The purpose of this research is to obtain valid and reliability datas or facts about the possibility correlation between brand trust with customer loyalty of Indomie instant noodles on the residents of RW 06 South Utan Kayu East Jakarta. The research used survey method with the correlational approach. The research was conducted at RW 06 South Utan Kayu East Jakarta for four months from March 2013 until June 2013. The population in this study are residents of RW 06 South Utan Kayu East Jakarta, where as the possible populations were 52 housewives of RT 007. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 48 housewives. According to statistical computation, the regression equation is Ŷ = 57,03 + 0,57X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) to produce Lcount liliefors test = 0,1112, while the Ltable for n = 48 at 0,05 significant level is 0,1279. Because the Lcount < Ltable then an error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount < Ftable is Fcount = 1,62 < Ftable = 2,00, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is Fcount = 30,43 > Ftable = 4,05, meaning that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient of Pearson generating rxy = 0,6295, it indicates there’s a positive correlation between brand trust with customer loyalty. Thereafter performed the test significance correlation coefficient using the t-test and the resulting tcount > ttable, which is tcount = 5,49 > ttable = 1,68. It can be concluded that the correlation between brand trust with customer loyalty is significant. The coefficient of determination obtained for 39,63% which shows that 39,63% of the variation of customer loyalty is determined by the brand trust. The result of this research has proved the existence of a positive and significant correlation between brand trust with customer loyalty of Indomie instant noodles on the residents of RW 06 South Utan Kayu East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1 ). Setyo Ferry Wibowo, S.E., M.Si. ; 2 ). Dra. Nurahma Hajat, M.Si.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 23:15
Last Modified: 22 Jul 2022 23:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32039

Actions (login required)

View Item View Item