PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMPN 6 DEPOK MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI METODE BERMAIN BOWLING PASS

DAVID BAGUS JATMIKO, . (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMPN 6 DEPOK MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI METODE BERMAIN BOWLING PASS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
cover skp.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Ringkasan.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam melalui metode bermain bowling pass. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalan metode Penelitian Tindakan (Action Research). Teknik pengambilan data dengan pengambilan data kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang olahraga sepakbola sebagai kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi dan tes awal. Pelaksanaan penelitian ini bersamaan dengan pembelajaran penjasorkes di SMPN 6 Depok. Kegiatan observasi dan tes awal disimpulkan siswa belum memahami konsep passing menggunakan kaki bagian dalam dan tahapan passing kaki bagian dalam yang tidak sesuai dengan tahapan gerak yang benar. Kegiatan siklus I yang direalisasikan dalam bentuk tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) Pemahaman konsep passing kaki bagian dalam mulai terlihat adanya peningkatan. 2) siswa belum dapat melakukan tahapan persiapan dengan sempurna yaitu kaki tumpu banyak yang tidak berada disamping bola. 3) siswa belum dapat melakukan gerakan perkenaan dengan sempurna dikarenakan posisi badan masih condong kebelakang. 4) siswa belum dapat melaksanakan tahap gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan gerakan kaki yang ditarik kebelakang. 5) siswa sudah menunjukkan sikap yang positif khususnya kerja sama dan keberanian yang meningkat. Kegiatan siklus II yang direalisasikan dalam bentuk tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa sudah memahami konsep ii passing menggunakan kaki bagian dalam yang benar. 2) siswa mampu melakukan tahapan passing kaki bagian dalam dengan benar. 3) siswa memiliki motivasi dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran dan menunjukkan sikap-sikap yang positif. Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam melalui permainan bowling pass. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata tes awal siswa = 67.30, siklus I = 72.25 dan siklus II = 77.18. Untuk kelulusan belajar siswa hasil tes awal siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 17 siswa (42.5%), siklus I siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 27 siswa (67.5%), dan siklus II siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 40 siswa (100%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.H.Taufik Rihatno ; 2). Muchtar Hendra Hasibuan,S.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:38
Last Modified: 15 Aug 2022 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item