PENGARUH METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ASA ANWARI PUTRI, . (2013) PENGARUH METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Lampiran Depan.pdf

Download (438kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode PQ4R berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman membaca mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan Maret – Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UNJ. Sedangkan sampelnya adalah mahasiswa JBSA UNJ kelas mandiri tahun 2012, yaitu kelas C dengan jumlah mahasiswa 25 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas D dengan jumlah mahasiswa 20 (sebagai kelas kontrol). Pengukuran hasil pemahaman membaca mahasiswa dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes membaca dengan tes subjektif (essay) yang berjumlah 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh Lhitung= 0,15 dan pada kelas Kontrol diperoleh Lhitung= 0,15. Sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas control diperoleh 0,19 (n = 20, taraf signifikansi 5%). Karena kedua Lhitung<Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung<χ²tabel atau 0,265<3,841, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung= 2,534. Dengan dk 43 dan ttabel= 1,697 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung= 2,534>ttabel= 1,697, jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh positif penggunaan Metode PQ4R terhadap kemampuan pemahaman membaca mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Metode PQ4R berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman membaca mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:29
Last Modified: 12 Sep 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35508

Actions (login required)

View Item View Item