HENY DWI SETIAWATI, . (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS V SDN SEMPER BARAT 05 PAGI JAKARTA UTARA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (795kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Download (551kB) |
|
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (429kB) |
|
Text
RPP.pdf Download (381kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (157kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas atau classroom research pada pembelajaran IPA sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut Penulis melakukan penelitian di SDN Semper Barat 05 Pagi Jakarta Utara. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2011 dengan subyek penelitian berjumlah 35 siswa yang duduk dikelas V. penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Analisis dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus 1 Hasil Belajar IPA nilai sebesar 60% yaitu yang mendapat nilai 60 dari 35 orang siswa adalah 23 orang. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu 100% yaitu yang mendapat nilai 100 dari 35 orang siswa adalah 35 orang. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dapat dijadikan metode belajar untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA di SDN Semper Barat 05 Pagi Jakarta Utara. ***** The purpose or this research is to implement the process skills approach in the activities of classroom action research or classroom research on learning science as an effort to improve learning outcomes. To achieve these objectives the authors conducted a study of public elementary school in Semper Barat 05 Morning North of Jakarta. The study was conducted from Maret 2011 with research subjects numbered 35 students who sat in class V. The study was conducted in two cycles, each cycle through the four stages is Planning, Action, Observation, and Analisis and Reflection. The results shows that an increase bin the percentage of the learning activity, which results from the test evaluation of students who received scores ≥60 on the first cycle numbers show 55,85%. While in the second cycle showed 100% rate. This shows an increase of 45% of the cycle 1 to cycle II. This, statistically there was an increase in the percentage of cycle 1 to cycle II on the study, this proves that learning the process skills approach can improve learning outcomes in science learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana ; 2). Drs. Dudung Amir Shaleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:04 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35564 |
Actions (login required)
View Item |