YUDA PRATAMA, . (2022) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (459kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Genially pada pembelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Penelitian ini dilakukan guna menciptakan variasi media dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran menjadi variatf, menarik, menyenangkan, dan memudahkan bagi siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan dilakukan kepada 50 siswa kelas XI dan wawancara dilakukan kepada guru pengampu mata pelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Hasil yang diperoleh ialah kebutuhan siswa akan media pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap desain Media pembelajaran Hasil yang diperoleh peneliti ialah memahami kurikulum dan bahan ajar serta materi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap pengembangan peneliti berhasil mengembangkan Genially menjadi media pembelajaran bahasa Arab yang interaktif dan menyenangkan yang terdiri dari teks wacana, kosakata, dan permainan. Media Pembelajaran yang telah peneliti kembangkan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI pada saat pembelajaran bahasa arab di dalam kelas, Hasil yang diperoleh siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab selama tahap ujicoba. Serta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai dengan kategori Mumtaz atau sangat baik dan sangat layak dengan presentase 91,8% untuk ahli media, 98,3% untuk ahli materi dan penilaian dari persepsi siswa setelah dilakukannya ujicoba media Genially mendapatkan nilai dengan presentase 92,72%. Berdasarkan penilaian di atas, media Genially sangat baik dan layak digunakan pada pembelajaran bahasa arab di SMK Muhammadiyah 12 Jakarta. ABSTRAK Yuda Pratama: Model Media Pembelajaran Genially dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta). Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Genially pada pembelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Penelitian ini dilakukan guna menciptakan variasi media dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran menjadi variatf, menarik, menyenangkan, dan memudahkan bagi siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan dilakukan kepada 50 siswa kelas XI dan wawancara dilakukan kepada guru pengampu mata pelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Hasil yang diperoleh ialah kebutuhan siswa akan media pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap desain Media pembelajaran Hasil yang diperoleh peneliti ialah memahami kurikulum dan bahan ajar serta materi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap pengembangan peneliti berhasil mengembangkan Genially menjadi media pembelajaran bahasa Arab yang interaktif dan menyenangkan yang terdiri dari teks wacana, kosakata, dan permainan. Media Pembelajaran yang telah peneliti kembangkan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI pada saat pembelajaran bahasa arab di dalam kelas, Hasil yang diperoleh siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab selama tahap ujicoba. Serta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai dengan kategori Mumtaz atau sangat baik dan sangat layak dengan presentase 91,8% untuk ahli media, 98,3% untuk ahli materi dan penilaian dari persepsi siswa setelah dilakukannya ujicoba media Genially mendapatkan nilai dengan presentase 92,72%. Berdasarkan penilaian di atas, media Genially sangat baik dan layak digunakan pada pembelajaran bahasa arab di SMK Muhammadiyah 12 Jakarta. ************ ABSTRACT This research aims to develop Genially learning media on arabic language learning at Senior High School Muhammadiyah 12 Jakarta. This research was conducted to create media variations in arabic learning so that learning becomes variative, interesting, fun, and easier for students. In this study, researcher used the ADDIE model research and development method which consisted of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The needs analysis was carried out by 50 students of 11th grade and Arabic subject teachers at Senior High School Muhammadiyah 12 Jakarta. The results obtained are the students' need for learning media for learning Arabic. At the design stage of learning media, the results obtained by researchers are understanding the curriculum and teaching materials and materials used in learning Arabic. At the development stage, the researcher succeeded in developing Genially into an interactive and fun Arabic learning medium consisting of discourse text, vocabulary, and games. The learning media that has been developed by researchers is then tested on class XI students when learning Arabic in the classroom. The results obtained are that students become more active in learning Arabic during the trial phase. And validated by material experts and media experts. The results of the assessment of material experts and media experts get a score in the category excellent and very decent with a percentage of 91,8% for media experts, 98.3% for material experts and an evaluation of student perception after the Genially media trial get a score with a percentage of 92,72%. Based on the above assessment, Genially media is very good and worthy of use in learning Arabic Language at Senior High School Muhammadiyah 12 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ahmad Murodi, M.A. ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 16100 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:02 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35848 |
Actions (login required)
View Item |