MODEL MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY DALAM ‎PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA)

YUDA PRATAMA, . (2022) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY DALAM ‎PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (459kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ‎Genially pada pembelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 ‎Jakarta. Penelitian ini dilakukan guna menciptakan variasi media dalam ‎pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran menjadi variatf, ‎menarik, menyenangkan, dan memudahkan bagi siswa.‎ Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan ‎pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, ‎pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan ‎dilakukan kepada 50 siswa kelas XI dan wawancara dilakukan kepada ‎guru pengampu mata pelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 ‎Jakarta. Hasil yang diperoleh ialah kebutuhan siswa akan media ‎pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap desain ‎Media pembelajaran Hasil yang diperoleh peneliti ialah memahami ‎kurikulum dan bahan ajar serta materi yang digunakan dalam ‎pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap pengembangan peneliti berhasil ‎mengembangkan Genially menjadi media pembelajaran bahasa Arab ‎yang interaktif dan menyenangkan yang terdiri dari teks wacana, ‎kosakata, dan permainan. Media Pembelajaran yang telah peneliti ‎kembangkan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI pada saat ‎pembelajaran bahasa arab di dalam kelas, Hasil yang diperoleh siswa ‎menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab selama tahap ‎ujicoba. Serta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. ‎ Hasil penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai dengan ‎kategori Mumtaz atau sangat baik dan sangat layak dengan presentase ‎‎91,8% untuk ahli media, 98,3% untuk ahli materi dan penilaian dari ‎persepsi siswa setelah dilakukannya ujicoba media Genially ‎mendapatkan nilai dengan presentase 92,72%. Berdasarkan penilaian di ‎atas, media Genially sangat baik dan layak digunakan pada ‎pembelajaran bahasa arab di SMK Muhammadiyah 12 Jakarta.‎ ABSTRAK Yuda Pratama: Model Media Pembelajaran Genially dalam ‎Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di SMA ‎Muhammadiyah 12 Jakarta). Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan ‎Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, ‎‎2022.‎ Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ‎Genially pada pembelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 ‎Jakarta. Penelitian ini dilakukan guna menciptakan variasi media dalam ‎pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran menjadi variatf, ‎menarik, menyenangkan, dan memudahkan bagi siswa.‎ Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan ‎pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, ‎pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan ‎dilakukan kepada 50 siswa kelas XI dan wawancara dilakukan kepada ‎guru pengampu mata pelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah 12 ‎Jakarta. Hasil yang diperoleh ialah kebutuhan siswa akan media ‎pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap desain ‎Media pembelajaran Hasil yang diperoleh peneliti ialah memahami ‎kurikulum dan bahan ajar serta materi yang digunakan dalam ‎pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap pengembangan peneliti berhasil ‎mengembangkan Genially menjadi media pembelajaran bahasa Arab ‎yang interaktif dan menyenangkan yang terdiri dari teks wacana, ‎kosakata, dan permainan. Media Pembelajaran yang telah peneliti ‎kembangkan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI pada saat ‎pembelajaran bahasa arab di dalam kelas, Hasil yang diperoleh siswa ‎menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab selama tahap ‎ujicoba. Serta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. ‎ Hasil penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai dengan ‎kategori Mumtaz atau sangat baik dan sangat layak dengan presentase ‎‎91,8% untuk ahli media, 98,3% untuk ahli materi dan penilaian dari ‎persepsi siswa setelah dilakukannya ujicoba media Genially ‎mendapatkan nilai dengan presentase 92,72%. Berdasarkan penilaian di ‎atas, media Genially sangat baik dan layak digunakan pada ‎pembelajaran bahasa arab di SMK Muhammadiyah 12 Jakarta.‎ ************ ABSTRACT This research aims to develop Genially learning media on arabic ‎language learning at Senior High School Muhammadiyah 12 Jakarta. ‎This research was conducted to create media variations in arabic learning ‎so that learning becomes variative, interesting, fun, and easier for ‎students.‎ In this study, researcher used the ADDIE model research and ‎development method which consisted of analysis, design, development, ‎implementation, and evaluation. The needs analysis was carried out by ‎‎50 students of 11th grade and Arabic subject teachers at Senior High ‎School Muhammadiyah 12 Jakarta. The results obtained are the students' ‎need for learning media for learning Arabic. At the design stage of ‎learning media, the results obtained by researchers are understanding ‎the curriculum and teaching materials and materials used in learning ‎Arabic. At the development stage, the researcher succeeded in ‎developing Genially into an interactive and fun Arabic learning medium ‎consisting of discourse text, vocabulary, and games. The learning media ‎that has been developed by researchers is then tested on class XI ‎students when learning Arabic in the classroom. The results obtained are ‎that students become more active in learning Arabic during the trial ‎phase. And validated by material experts and media experts.‎ The results of the assessment of material experts and media experts get a ‎score in the category excellent and very decent with a percentage of ‎‎91,8% for media experts, 98.3% for material experts and an evaluation of ‎student perception after the Genially media trial get a score with a ‎percentage of 92,72%. Based on the above assessment, Genially media ‎is very good and worthy of use in learning Arabic Language at Senior ‎High School Muhammadiyah 12 Jakarta.‎

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Murodi, M.A. ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16100 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:02
Last Modified: 14 Sep 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35848

Actions (login required)

View Item View Item