LIA ALVIANTI, . (2020) DAMPAK RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA JALAN JATIBARU RAYA KE JEMBATAN PENYEBERANGAN MULTIGUNA TANAH ABANG TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER_PDF.pdf Download (708kB) |
|
Text
BAB I_PDF.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB II_PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III_PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV_PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V_PDF.pdf Download (128kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf Download (248kB) |
|
Text
LAMPIRAN_PDF.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak relokasi pedagang kaki lima Jalan Jatibaru Raya ke Jembatan Penyeberangan Mutiguna Tanah Abang terhadap pendapatan pedagang sebelum dan sesudah relokasi. Waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan Agustus sampai Oktober 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif . Populasi penelitian ini adalah seluruh padagang kaki lima eks Jalan Jatibaru Raya. Sampel penelitian ini adalah padagang kaki lima eks Jalan Jatibaru Raya sebanyak 82 responden dengan teknik Propotional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Relokasi pedagang kaki lima Jalan Jatibaru Raya ke Jembatan Penyeberangan Multiguna menimbulkan dampak positif yaitu pedagang kini memiliki tempat berjualan yang tetap dan berstatus legal karena sudah terdaftar secara administrasi oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Dampak negatif yang terjadi yaitu penurunan pendapatan pedagang yang didapatkan perhari. Saat sebelum relokasi sebagian besar pedagang mendapatkan penghasilan mencapai Rp.500.000 - Rp.1.000.000. Setelah relokasi hanya bisa mencapai Rp.100.001 - Rp. 500.000. Rata-rata penurunan pendapatan seluruh padagang dalam sebulan sebesar Rp. - 1.500.000. Relokasi yang dilakukan hendaknya tidak sekedar memindahkan ke lokasi yang baru dan hanya menyediakan kios untuk berjualan. Menyediakan fasilitas guna menarik perhatian pembeli sangat diperlukan seperti menambah ketersediaan tempat duduk pembeli dan toilet. Guna meningkatkan pendapatan para pedagang sebaiknya mempromosikan barang dagangannya, misalnya dengan memanfaatkan media sosial dan juga melakukan penjualan online. Kata kunci: Pendapatan, Pedagang Kaki Lima, Relokasi ABSTRACT LIA ALVIANTI. The Impact of Relocation of Street Vendors in Jatibaru Raya Road to Jembatan Penyeberangan Multiguna Tanah Abang to Traders Income. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Jakarta, 2020. The purpose of this research was to determine the impact of the relocation of the Jatibaru Raya street vendors to the multi-purpose crossing bridge of Tanah Abang with revenues before and after the relocation. Research time is conducted from August to October 2019. The research method used is descriptive. The population of the study was street vendors who previously sold on Jatibaru Raya Road. The sample of the research is the street vendors of Jatibaru Raya as many as 82 respondents with a Propotional random sampling technique. The data collection techniques used are questionnaires. The Data obtained is analyzed using a percentage of analysis descriptive techniques. The relocation of street vendors on Jatibaru Raya Road to this versatile crossing bridge has a positive impact so that traders now have a permanent place to sell and legal status because it is already administratively registered by Jakarta provincial government. The negative impact of declining earnings of traders earned day. The time before relocation of most traders generated income of Rp. 500,000-Rp. 1 million. After relocation, it can only reach Rp. 100,001-Rp. 500,000. The average decline in overall income of traders a month of Rp. - 1,500,000. Relocation should not only move to a new location and only provide kiosks for sale. Providing facilities to attract buyer's attention is required such as increasing seat availability and buyer's toilets. In order to increase the revenue traders should promote their merchandise, for example by utilizing social media and also making online sales. Keywords: Income, Street vendors, Relocation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Oot Hotimah, S.Pd,M.Si. ; 2). Dr. Aris Munandar, S.Pd,M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 450 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 14:55 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 14:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3699 |
Actions (login required)
View Item |