ARIEL REYNARO ROZANO, . (2025) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK KOPI DI FOOD TRUCK BERKAWAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian konsumen berdasarkan bauran pemasaran pada produk kopi di Food Truck Berkawan. Latar belakang penelitian ini didorong karena meningkatnya minat konsumen terhadap konsep kuliner mobile dining yang fleksibel dan peningkatan penjualan signifikan pada tahun 2024. Penelitian menggunakan metode survei korelasional dengan 90 responden yang dipilih melalui rumus Slovin menggunakan tingkat kesalahan 10% dari total populasi pengunjung Food Truck Berkawan yang berjumlah 895 orang dalam satu minggu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form berupa 18 pertanyaan skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan instrumen layak digunakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat pengaruh masing-masing variabel 4P (produk, harga, tempat, promosi) terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh positif, dengan harga sebagai faktor dominan. Konsumen cenderung mempertimbangkan harga yang terjangkau, kualitas produk, kenyamanan lokasi, serta desain kemasan yang menarik. Namun, aspek aroma kopi dinilai masih kurang menggugah selera. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha food truck dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan preferensi konsumen saat ini. ***** This study aims to analyze consumer purchasing decisions based on the marketing mix on coffee products at Food Truck Berkawan. The background of this research is driven by the increasing consumer interest in the flexible mobile dining culinary concept and a significant increase in sales in 2024. The study uses a correlational survey method with 90 respondents selected through the Slovin formula using a 10% error rate from a total population of 895 visitors to Food Truck Berkawan within one week, with a quantitative descriptive approach. Data was collected using questionnaires distributed online via Google Form, consisting of 18 Likert scale questions. The results of validity and reliability tests showed that the instrument was feasible for use. Data analysis was performed descriptively to see the influence of each of the 4P variables (product, price, place, promotion) on purchasing decisions. The results show that all four variables have a positive influence, with price being the dominant factor. Consumers tend to consider affordable prices, product quality, location convenience, and attractive packaging design. However, the aroma aspect of the coffee was considered less appealing. The results of this study are expected to serve as a reference for food truck business owners in designing effective marketing strategies that align with current consumer preferences.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Guspri Devi Artanti, M.Si. ; 2). Dra. Mariani, M.Si. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran Manajemen > Perilaku Konsumen Tata Boga Tata Rias > Tata Boga |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Users 30533 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 14:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 14:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |