PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP SANTRI KELAS 1 MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MIZAN PUTRI DI PANDEGLANG (STUDI ETNOGRAFI)

Aulia Hairani Praningtias, . (2014) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP SANTRI KELAS 1 MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MIZAN PUTRI DI PANDEGLANG (STUDI ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
cover (bahasa Indonesia).pdf

Download (121kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (612kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (240kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (675kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (375kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Putri Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan etnografi dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Putri Pandeglang dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas 1 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Putri Pandeglang berjalan dengan baik dan positif. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren ini tidak luput dari kendal-kendala seperti kurangnya sarana prasarana penunjang kemampuan siswa, seperti laboratorium, disebabkan karena gedung yang masih dalam tahap pembangunan. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Putri Pandeglang telah dapat diraih sebagai hasil dalam proses pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bervariasi disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan oleh guru. Sedangkan sytem evaluasi pengajaran bahasa arab yang diadakan guru di Pondok Pesantren Modern AlMizan Putri Pandeglang juga disesuaikan dengan keterampilan apa yang akan di uji. Materi bersumber dari buku "Duruusul Lughotil 'Arabiyah" karangan Imam Zarkasyi. Buku ini merupakan buku yang digunakan oleh pondok pesantren di Indonesia. Adapun kegiatan tambahan yang diadakan guru Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Putri Pandeglang berupa muhadarah dan kegiatan tambahan untuk mempelajari bahasa di luar jam pelajaran untuk mempermudah pemahaman bahasa Arab. Implikasi penelitian ini adalah sebagai masukan bagi seluruh pengajar Bahasa Arab, khususnya bagi mereka yang mengajar pada tingkat sekolah menengah, yaitu dengan menerapkan metode yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hazmida Kahar, M.Pd. ; 2). Drs. Romdani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Oct 2019 11:30
Last Modified: 29 Oct 2019 11:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item