Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach) untuk Siswa Kelas IV SD (Penelitian dan Pengembangan di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan)

AJENG RESTUNINGRUM, . (2016) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach) untuk Siswa Kelas IV SD (Penelitian dan Pengembangan di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar bahasa Inggris untuk siswa kelas IV sekolah dasar dengan tema yang difokuskan yaitu Family. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan siswa kelas empat SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 27 orang. Penelitian ini melewati beberapa tahapan uji coba, diantaranya uji ahli (expert review), uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Wawancara dilakukan untuk analisis kebutuhan dan uji coba lapangan awal sedangkan angket diberikan ketika melakukan uji ahli, uji coba lapangan, serta uji pelaksanaan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penilaian uji ahli dengan melibatkan ahli materi dan ahli media menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 95%. Uji coba lapangan yang melibatkan enam responden menghasilkan persentase rata-rata penilaian sebesar 87,67%, sedangkan hasil uji pelaksanaan lapangan sebesar 96% dengan jumlah responden sebanyak 17 orang. Kesimpulan dari seluruh uji coba dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris dengan Berbasis Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach) mencapai kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si.,; 2). Dr. Ir. Arita Marini, M. E.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 11:28
Last Modified: 30 Oct 2019 11:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item