PENGEMBANGAN MEDIA MOHSAR (MEJA OPERASI HITUNG DASAR) UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BAGI PESERTA DIDIK AUTIS RINGAN

BELLA APRIZA PURWITA, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MOHSAR (MEJA OPERASI HITUNG DASAR) UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BAGI PESERTA DIDIK AUTIS RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
5. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (228kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf

Download (777kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
11. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
15. LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran matematika bagi peserta didik autis khususnya pada materi perkalian dengan jumlah hasil akhir 25 dan pembagian dengan jumlah awal bagi 25. Tempat uji coba dalam penelitian ini yaitu kelas 7 SMP Sekolah khusus Asy Syifa dan kelas X SMA Sekolah khusus Candradimuka. Metode yang digunakan yaitu metode karya inovatif yang berlandaskan model Sugiyono, terdiri dari tujuh tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil uji coba tersebut diperoleh rata – rata keseluruhan 3,33 didapat dari nilai evaluasi Ahli media dengan nilai 3,2. Rata – rata keseluruhan Ahli materi di Sekolah Khusus Asy Syifa dengan nilai 3,38. Rata – rata keseluruhan Ahli materi di Sekolah Khusus Candradimuka dengan nilai 3,41. Media pembelajaran MOHSAR ini dievaluasi kepada peserta didik autis kelas 7 SMP yang berjumlah 4 peserta didik dan peserta didik autis kelas X SMA yang berjumlah 4 peserta didik. Hasil bahwa media pembelajaran MOHSAR ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika, sehingga peserta didik autis mudah untuk mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tri Sediyani M.Pd ; 2). Lalan Erlani M. Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Oct 2019 15:15
Last Modified: 31 Oct 2019 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item