Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk menyampaikan materi tari Dogdog Lojor, siswa kelas IX di SMPN 01 Parungkuda Kabupaten Sukabumi

Ivy Nur Hasna, . (2018) Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk menyampaikan materi tari Dogdog Lojor, siswa kelas IX di SMPN 01 Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
3. LEMBAR BUKTI PERBAIKAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN VI VII.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Lampiran VIII.pdf

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai proses dan hasil penerapan Metode Tutor Sebaya untuk menyampaikan materi tari Dogdog Lojor pada mata pelajaran seni budaya di SMPN 01 Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini terfokus pada penerapan Metode Tutor Sebaya yang berangkat dari teori belajar kontruktivisme. Pandangan teori belajar kontruktivisme yaitu menuntut siswa aktif, menggali potensi anak, mengkonstruk pengetahuan siswa melalui lingkungan, mengembangkan nalar siswa, dan membangun pemahamannya sendiri melalui strategi dan metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah penyusunan yaitu teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, studi pustaka dan studi dokumen, teknik analisis data seperti reduksi, penyajian data dan kesimpulan, serta teknik kaliberasi yaitu perpanjang pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Metode Tutor Sebaya dapat menjadikan siswa mencapai hasil belajar seperti nilai rata-rata baik. Siswa lebih paham diajarkan oleh temen sebayanya, guru hanya menjadi mediator untuk membangun pengetahuan siswa. Rekomendasinya adalah penerapan Metode Tutor Sebaya efektif untuk diterapkan pada pembelajaran tari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd 2) Deden Haerudin, S.Sn., M.Sn
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Nov 2019 12:22
Last Modified: 07 Nov 2019 12:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item