BUKU TEKS BAHASA MANDARIN SMA/SMK/MA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI JABODETABEK

DELSY AULIA, . (2021) BUKU TEKS BAHASA MANDARIN SMA/SMK/MA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

Perbedaan kebutuhan dan kemampuan peserta didik di tiap sekolah menyebabkan guru maupun sekolah menentukan buku teks yang berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin. Namun, data terkait buku teks yang digunakan, pertimbangan dalam pemilihan dan penentuan buku teks, serta penilaian guru terhadap buku teks tersebut belum diketahui secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) buku teks bahasa Mandarin yang digunakan di SMA/SMK/MA yang berada di wilayah Jabodetabek; (2) jumlah sekolah yang menggunakan buku teks yang sama; (3) pertimbangan guru dalam pemilihan dan penentuan buku teks yang digunakan; serta (4) kelebihan dan kekurangan buku teks berdasarkan pendapat guru bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei menggunakan kuesioner berupa Google Form sebagai instrumen. Penelitian ini dibatasi untuk wilayah Jabodetabek saja, sehingga responden penelitian ini adalah guru bahasa Mandarin SMA/SMK/MA di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang digunakan di SMA/SMK/MA di wilayah Jabodetabek beragam, sedangkan buku yang digunakan di MA tidak diketahui, karena tidak ada responden dari MA yang mengisi kuesioner. Jumlah sekolah yang menggunakan buku teks yang sama adalah 10 sekolah. Pertimbangan sebagian besar guru bahasa Mandarin dalam pemilihan dan penentuan buku teks adalah hal-hal yang terkait dengan isi/materi buku, serta bahwa buku teks tersebut digunakan atas dasar rekomendasi pihak sekolah. Secara umum, kelebihan yang terdapat pada buku teks yang digunakan menurut guru bahasa Mandarin mempermudah guru dalam menyampaikan materi karena materi pada buku teks sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan buku teks juga sudah mencakupi berbagai unsur kebahasaan yaitu fonetik, kosakata, tata bahasa dan aksara Han. Sedangkan kekurangan buku teks terletak pada kurangnya pemaparan terkait kebudayaan Cina. Kata Kunci: Buku teks, bahasa Mandarin, Jabodetabek Delsy Aulia. 2021. A study of the Mandarin Textbooks for Senior High School/Vocational High School/Islamic Senior High School in Jabodetabek. Thesis. Jakarta: Mandarin Language Education Department. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta. The difference in needs and abilities of every schools students caused teachers and schools decided using different textbooks in Mandarin learning activities. However, the data related to what textbooks that used, the reason of selection and determination of textbooks, also teacher assessment for the textbook are not yet known for sure. The aims of this study are to find out: 1) What Mandarin textbooks used in SMA/SMK/MA in Jabodetabek area; (2) the amount of schools using the same textbook; (3) the teacher’s reason in the selection and determination for the textbook; and (4) the strengths and the weaknesses of textbook based on Mandarin teachers’s opinions. This study is qualitative descriptive research. The method used was survey method and using questionnaire in the Google Form as an instrument. This study was limited for Jabodetabek area only, so the respondents of this study were Mandarin teachers of SMA/SMK/MA in Jabodetabek area. The results of this study showed that textbooks used in SMA/SMK/MA in Jabodetabek area are diverse, but the books used in MA are unknown because there was no respondent from MA filled out the questionnaires. The amount of schools using the same textbook are 10 schools. The reason of most Mandarin teachers in the selection and determination of textbooks was related to the content/material of the books, and that the textbook was recommended by the school. In general, according to Mandarin teachers’s opinion, the strengths of textbooks used were because it made teachers easier to deliver teaching materials to students, because the textbooks contain daily life activities and the content also include various elements of language knowledge such as phonetics, vocabularies, grammar and Chinese characters. While the weaknesses of the textbooks is lack of exposure Chinese culture explanations. Keywords: Textbook, Mandarin language, Jabodetabek

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL. 2). Hasan, S.Sos. M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 9297 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:31
Last Modified: 18 Mar 2021 04:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item