MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID UNTUK PELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI KELAS VII MTs NEGERI 25 JAKARTA

MUHAMMAD SYAMSURI SIDDIQ, . (2021) MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID UNTUK PELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI KELAS VII MTs NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran an-droid untuk pelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah 25 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, De-sign, Development, Implementation and Evaluation). Peneliti telah melaksanakan seluruh tahap-tahap yang ada dalam penelitian ini, yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelaja-ran android, membuat desain media pembelajaran android, melakukan pengembangan produk berdasarkan saran dari ahli media dan ahli materi, mengiplementasikan produk media pembelajaran android kepada siswa kelas VII secara daring, serta, mengevaluasi media pembelajaran android berdasarkan respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan da-lam penelitian ini yaitu observasi dan kuisioner secara daring. Berdasarkan kesimpulan dari data penelitian, peneliti memperoleh : 1) Analisis kebutuhan dari 26 siswa kelas VII MTs Negeri 25 Jakarta, menun-jukkan bahwa sebanyak 24 siswa/i (92%) belum pernah menggunakan media pembelajaran bahasa arab dengan android, dan sebanyak 24 siswa/i (92%) membutuhkan media pembelajaran lain dalam bahasa arab. maka dari itu perlu adanya pengembangan android sebagai media pem-belajaran. 2) pengembangan media pembelajaran android berdasarkan penilaian dari para ahli memperoleh nilai total 4,09 dengan kategori san-gat layak (82%) dari ahli meteri, dan memperoleh nilai total 4,61 dengan kategori sangat layak (92%). 3) Evaluasi respons siswa setelah menggunakan media pembelajaran android memperoleh nilai total 3,5 dengan kategori sangat positif. peneliti menyimpulkan bahwa media ini sangat layak(88%) bagi siswa. Maka dari itu, media pembelajaran android untuk pelajaran bahasa Arab ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam membantu kegiatan pembelajaran bahasa Arab bagi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. This research purpose to develop android learning media for Arabic les-sons for grade VII students at Islamic State Junior High School 25 Jakarta. This research method uses joint Research and Development (R&D) research, with addie (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model. Researchers have carried out all the stages in this study, namely by analyzing students' needs for android learning media, creating android learning media design, developing prod-ucts based on the advice of media experts and material experts, imple-menting android learning media products to grade VII students online, as well as, evaluating android learning media based on student responses. The data collection techniques used in this study are online observations and questionnaires. Based on the conclusions of the research data, researchers ob-tained: 1) Analysis of the needs of 26 students of grade VII Islamic State Junior High School 25 Jakarta, showed that as many as 24 students (92%) have never used arabic learning media with android, and as many as 24 students (92%) need other learning media in Arabic. therefore, there needs to be android development as a learning medium. 2) development of android learning media based on assessment from experts obtained a total score of 4.09 with a very decent category (82%) from meter experts, and obtained a total score of 4.61 with a very decent category (92%). 3) Evaluation of student response after using android learning media ob-tained a total score of 3.5 with a very positive category. researchers con-cluded that this medium is very feasible(88%) for students. Therefore, instructional media for teaching Arabic android is other-wise very viable for use in helping the Arab language learning activities for class VII Islamic State Junior High School 25 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). AHMAD MARZUQ, M.PD ; 2). ANDRI ILHAM M.A.HUM
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11136 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:03
Last Modified: 28 Jul 2022 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18637

Actions (login required)

View Item View Item