DELLA JELIKA TEJAMULYA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (233kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint khususnya pada pembelajaran IPS materi pengenalan tokoh pahlawan nasional di kelas IV sekolah dasar. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN Menteng 01, Jakarta Pusat sebanyak 4 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut research and development (R&D). Dalam penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan yang terdapat pada model ADDIE ialah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan media ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Evaluasi formatif yang digunakan adalah menggunakan expert review yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Berdasarkan hasil rata-rata nilai uji ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa mendapat skor kelayakan produk sebesar 91,90%. Sedangkan, hasil uji one to one mendapatkan nilai rata-rata untuk keseluruhan sebesar 95%. Angka ini jika diakumulasi artinya Sangat Baik (SB) dengan rentang nilai 76%-100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint ini memiliki kriteria sangat baik digunakan untuk pembelajaran IPS materi pengenalan tokoh pahlawan nasional untuk kelas IV sekolah dasar. This research aimed to produce interactive learning media products based on PowerPoint, especially in social studies learning materials introduction of national hero figures in the 4th grade of elementary school. The subjects in this research were 4 students in the 4th grade at SDN Menteng 01, Central Jakarta. The methods used were research and development method or it was commonly called research and development (R&D). This research used the ADDIE development model. The stages contained in the ADDIE model are Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection technique used by researchers in the development of this media was by using interview and questionnaires. Formative evaluation used was expert reviews consisting of media experts, linguists and material experts. Based on the average test scores of media experts, material experts, and linguists got a product feasibility score of 91.90%. Beside, the average results of the calculation stage one to one evaluation got 95%. This number if accumulated means Very Good (SB) with a value range of 76%-100%. So, it could be concluded that this PowerPoint-based interactive learning media had excellent criteria used for social studies learning materials introduction of national hero figures for 4th grade elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir Arita Marini, ME. ; 2). Drs. Dudung Amir Saleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 11870 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 08:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20031 |
Actions (login required)
View Item |