نموذج الوسيلة التعليمية بكتاب جيب في تدريس علم النحو لطلبة غير المعهديين (البحث التطويري في قسم تربية اللغة العربية بجامعة جاكرتا الحكومية) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN ILMU NAHWU BAGI MAHASISWA NON-PESANTREN (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

RISA, . (2021) نموذج الوسيلة التعليمية بكتاب جيب في تدريس علم النحو لطلبة غير المعهديين (البحث التطويري في قسم تربية اللغة العربية بجامعة جاكرتا الحكومية) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN ILMU NAHWU BAGI MAHASISWA NON-PESANTREN (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu untuk mahasiswa non pesantren. Hasil pengembagan dari buku ajar ini terdiri dari 24 BAB yang diringkas dari buku nahwu 1 dan 2. Metode yang digunakan dalam pene litian ini adalah metode pengembangan berdasarkan model ADDIE (Analyze,Design,Develop,Implement,Evaluate). Peneliti melakukan 5 langkah sebagai berikut : (1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester 2 dan 4 ter hadap pembelajaran nahwu. (2) Desain (Design), Peneliti melakukan studi pendahuluan dan merancang produk yang disesuaikan dengan media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu. (3) Pengembangan (Develoment) (4) Implementasi (Implement) (5) Evaluasi (Evaluate). Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian dai ahli materi diperoleh rerata presentase skor 89,3% yang termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 80,1% yang termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dan dari percobaan mahasiswa diperoleh rerata presentase skor 89,8% yang ermasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian maka media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu untuk mahasiswa non pesantren cocok digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu untuk mahasiswa non pesantren. Hasil pengembagan dari buku ajar ini terdiri dari 24 BAB yang diringkas dari buku nahwu 1 dan 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berdasarkan model ADDIE (Analyze,Design,Develop,Implement,Evaluate). Peneliti melakukan 5 langkah sebagai berikut : (1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester 2 dan 4 terhadap pembelajaran nahwu. (2) Desain (Design), Peneliti melakukan studi pendahuluan dan merancang produk yang disesuaikan dengan media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu. (3) Pengembangan (Develoment) (4) Implementasi (Implement) (5) Evaluasi (Evaluate). Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian dai ahli materi diperoleh rerata presentase skor 89,3% yang termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 80,1% yang termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dan dari percobaan mahasiswa diperoleh rerata presentase skor 89,8% yang ermasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian maka media pembelajaran buku saku pembelajaran nahwu untuk mahasiswa non pesantren cocok digunakan sebagai media pembelajaran. ABSTRACT Risa, A Model of Pocketbook as a Learning Media to Ilm Nahwu for Non-Islamic Boarding School Students (Research and Development at the Arabic Language Education Study Program, Universitas Negeri Jakarta).. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. July 2021. This study aims to produce learning media for nahwu learning pocket books for non-Islamic boarding school students. The results of the development of this textbook consist of 24 chapters which are summarized from nahwu books 1 and 2. The method used in this study is a development method based on the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Researchers carried out 5 steps as follows: (1) Analysis (Analyze), Analysis of the needs of Arabic Language Education students in semester 2 and 4 on nahwu learning. (2) Design. The researcher conducts a preliminary study and designs a product that is adapted to the nahwu learning pocket book learning media. (3) Development (Develoment) (4) Implementation (Implement) (5) Evaluation (Evaluate). Product assessment is carried out by material experts and media experts. Then from material experts, the average percentage score was 89.3% which was included in the Very Eligible category. And media experts obtained an average score percentage of 80.1% which is included in the Very Eligible category. And from the student experiment, the average percentage score was 89.8% which was included in the Very Eligible category. Thus, the learning media for nahwu learning pocket books for non-Islamic boarding school students is suitable for use as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Mohamad Sarip, M.A. 2) Hendrawanto,M.Pd., M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11348 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:55
Last Modified: 08 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21348

Actions (login required)

View Item View Item