PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA JERMAN TEMA SCHULE SISWA SMA KELAS X

Priska Arianti Putri, . (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA JERMAN TEMA SCHULE SISWA SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2 lembar pernyataan II-IV.pdf

Download (93kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ZUSAMMENFASSUNG.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh teknik pembelajaran scramble terhadap hasil belajar menulis bahasa Jerman tema Schule pada siswa kelas X SMA Negeri 79 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk tes rumpang dan instrumen tersebut diuji validitasnya dengan menggu-nakan rumus Pearson Product Moment, serta diuji realibilitasnya menggunakan rumus KR-21. Pada pelaksanaan penelitian, pretest dan posttest diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen, yakni kelas yang pada pembelajaran keterampilan menulis dilatih dengan permainan Buchstabenchaos dan kelas kontrol, yakni kelas yang pada pembelajaran keterampilan menulis tidak diberikan perlakuan. Dari hasil penelitian diketahui thitung pada kelas eksperimen sebesar 5,093 dan hasil tersebut dibandingkan dengan tabel harga uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 26, yakni 2,056. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 3,924. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil, bahwa hasil thitung kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil thitung kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini, yaitu model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap hasil belajar menu-lis bahasa Jerman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd. ; 2). Dra. Miranda Yunus, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2019 15:39
Last Modified: 06 Dec 2019 15:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item