Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Kartu Uno Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 7 di SMP Islam PB Soedirman)

Gusmaniar Diastami, . (2019) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Kartu Uno Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas 7 di SMP Islam PB Soedirman). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan media kartu uno arab pada kelas 7 di SMP Islam PB soedirman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam PB Soedirman pada kelas 7 semester I Tahun Ajaran 2018 – 2019, yang di mulai dari bulan September 2018 hingga Oktober 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang merupakan salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami kosakata Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus l nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siklus I adalah 80, pada siklus ll l nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam PB Soedirman meningkat menjadi 95. Kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Arab menjadi lebih meningkat, hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 35%, di siklus II terjadi peningkatan sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan kartu Uno Arab di pada siswa kelas VII di SMP Islam PB Soedirman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Kamal M.A ; 2). Hendrawanto M.A. M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:37
Last Modified: 23 Dec 2021 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item