Faldy Ferdiansyah, . (2019) PENERIMAAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 5 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I BISMILLAH (revisi 8 jul 2019).pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB II BISMILLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text
BAB III bismilah.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text
BAB IV BISMILLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
BAB V BISMILLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
COVER (Penerimaan Sosial Dalam Proses Pendidikan Inklusif).pdf Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) |
|
Text
lembar orisinalitas.pdf Download (172kB) |
|
Text
lembar pengesahan skripsi.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerimaan sosial yang dialami oleh siswa berkebutuhan khusus dengan siswa non berkebutuhan khusus serta warga sekolah lainnya. Warga sekolah dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan teman sebaya. Selain itu, peneliti ingin mengetahui segala bentuk penerimaan dan dampak yang didapatkan anak berkebutuhan khusus tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini berkaitan dengan pendekatan deskriptif. Penelitian mengambil lokasi di SMA Negeri 5 Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah warga sekolah dengan informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru, 5 teman sebaya, dan 1 orang tua dari anak berkebutuhan khusus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, dan penerimaan sosial. Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat peran sekolah dan proses penerimaan sosial yang dilakukan warga sekolah terhadap anak berkebutuhan khusus. Berbagai bentuk penerimaan sosial yang di tunjukan seperti pembentukan kelompok belajar, menghargai pendapat siswa berkebutuhan khusus, diajak berinteraksi, pemberian penghargaan dan motovasi oleh guru, serta membentuk budaya toleransi oleh kepala sekolah merupakan bentuk - bentuk penerimaan sosial yang di lakukan oleh berbagai warga sekolah. Berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah inklusif seperti tidak adanya guru pendamping kelas, sarana dan prasarana yang tidak memenuhi sesuai kebutuhan anak berkebutuhan khusus, serta tidak adanya kurikulum khusus untuk sekolah inklusif menjadi sebuah refleksi sekolah inklusif saat ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ubedilah Badrun, M.Si ; 2). Devi Septiandini, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 05:48 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 05:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21979 |
Actions (login required)
View Item |