Pengembangan Media Video Pembelajaran “Animasi” Pada Pembelajaran Percakapan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta Timur

Mitha Octaviani, . (2019) Pengembangan Media Video Pembelajaran “Animasi” Pada Pembelajaran Percakapan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI .pdf

Download (375kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran “animasi”, untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan berdasarkan angket ahli media dan ahli materi, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan dengan pemberian angket kepada siswa setelah guru menggunakannya. Penelitian ini dilakukan pada 16 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta Timur yang terletak di jalan balai pustaka barat no. 2, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan 7 tahapan, yaitu : (1) Identifikasi masalah, untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi siswa kelas VIII dalam pembelajaran percakapan (2) Pengumpulan informasi, untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran percakapan dengan produk yang akan dikembangkan (3) Desain produk, untuk membuat desain produk yang dikembangkan yaitu media video pembelajaran “animasi” yang berisikan materi percakapan (4) Validasi desain, pemberian angket kepada ahli media dan ahli materi untuk mendapatkan penilaian dan masukan dari kedua ahli tersebut (5) Perbaikan desain, perbaikan terhadap produk yang dikembangkan berdasarkan angket ahli media dan ahli materi (6) Uji coba produk, media ini diuji cobakan kepada 16 siswa untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan dan mendapatkan nilai dan saran dari siswa berdasarkan angket (7) Revisi produk, peneliti memperbaiki produk berdasarkan angket siswa kelas VIII setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Peneliti mendapatkan penilaian dan saran dari ahli media dan ahli materi dan siswa, yaitu : (1) ahli media memberikan nilai 95% dengan kategori “sangat ل layak” tanpa saran (perbaikan) (2) ahli materi memberikan nilai 89% dengan kategori “sangat layak” dan masukan saran yaitu bagi peneliti tidak menggunakan makna dari teks percakapan pada media video pembelajaran “animasi” ini dan menggantinya dengan menggunakan kosakata baru yang berbentuk gambar animasi. Pada video ketiga terdapat kesalahan pada pada buku SMP Muhammadiyah 31 untuk penulisan jamak pada kata " عماد " menjadi kata " عمدان " dan menjadi kata yang benar "عمد "dan mengganti gambar animasi untuk kalimat “ رهعاث أربع ” menjadi gambar animasi "العشاء صالة) ”3) 16 siswa memberikan nilai 91% dengan kategori “sangat layak” tanpa saran (revisi). Maka dari itu, peneliti menyimpulkan bahwa media video pembelajaran “animasi” sangat layak untuk digunakan guru pada saat proses pembelajaran khususnya pembelajaran percakapan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Jubaidah, M. A ; 2). Ahmad Marzuq, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:31
Last Modified: 22 Aug 2022 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item View Item