SUCI NURAINISA, . (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MATERI TARI RONGGENG MENOR DI SMP NEGERI 6 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (156kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (420kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (366kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi proses penerapan metode tutor sebaya yang dianggap cocok dalam pembelajaran materi Tari Ronggeng Menor di SMP Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini dilakukan karena metode demonstrasi yang dilakukan sebelumnya, hasil belajar siswa kurang optimal dari 24 siswa hanya 8 siswa yang dapat menari tari ronggeng menor dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, studi dokumen dan observasi sedangkan analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Kalibrasi keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dengan teknis triangulasi sumber data. Deskripsi data dijabarkan dalam beberapa pokok pembahasan yaitu : gambaran umum SMP Negeri 6 Bekasi, penerapan pembelajaran ekstrakurikuler tari ronggeng menor di SMP Negeri 6 Bekasi, deskripsi gerak-gerak tari Ronggeng Menor, tahapan/proses penerapan metode tutor sebaya yang dilakukan dalam 16 pertemuan dan dampak penerapan petode tutor sebaya terhadap siswa ekstrakulikuler tari Renggong Menor. Hasil interpretasi penelitian bahwa pembelajaran tari Ronggeng Menor dengan metode tutor sebaya menunjukan efek positif terhadap kemampuan menari siswa, sebelum diterapkan tutor sebaya dari 24 siswa yang dapat menari tari Ronggeneg Menor dengan baik berjumlah 8 orang. dari keselurahan siswa, setelah diterapkan metode tutor sebaya maka siswa yang dapat menari tari Ronggeng Menor dengan baik berjumlah 24 siswa. Keberhasilan lain dari pembelajaran tari dengan metode tutor sebaya ditunjukan pada rata-rata nilai siswa yang mencapai nilai A, dan peningkatan dari segi aspek sikap dan sosial yang ditunjukan dengan interaksi sosial yang semakin baik dalam bekerjasama, terbuka terhadap pendapat orang lain, dan peduli satu sama lain. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pembelajaran tari Ronggeng Menor dengan metode tutor sebaya dapat membangun siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 10:08 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 10:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22226 |
Actions (login required)
View Item |