PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V (Studi Kasus di SDS Al Barra, Jakarta Timur)

Lia Marlina, . (2018) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V (Studi Kasus di SDS Al Barra, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
13.2 LAMPIRAN INSTRUMEN OBSERVASI DAN PEDOMAN WAWANCARA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
13.4 LAMPIRAN CATATAN WAWANCARA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
13.6 LAMPIRAN ANALISIS DATA HASIL PENELITIAN.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran sekolah dalam usaha pelaksanaan pendidikan karakter khususnya pembentukan karakter religius siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah sekolompok siswa kelas V. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisa menggunakan teknik model Miles and Hubermangan. Penelitian ini memiliki dua aspek pengamatan yaitu berdasarkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan karakter religius siswa kelas V telah terlihat pada indikator mengucap salam dan berdoa sebelum/sesudah belajar di kelas serta berpatisipasi aktif merayakan hari besar agama. Namun belum begitu menonjol pada beberapa point indikator lainnya, yaitu sholat Dhuha dan Dzuhur di sekolah, dzikir dan shalawat serta membaca ayat al-quran sebelum belajar (tadaruz). Hasil itu disebabkan oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah pembiasaan ibadah di lingkungan kelas dan sekolah serta pengabdian guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya sarana & prasarana ibadah, rendahnya profesionalisme guru, dan manajemen sekolah yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd 2) Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Jan 2020 14:50
Last Modified: 02 Jan 2020 14:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item