Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur

FIRA ANDRIANI, . (2017) Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas membuat mozaik dalam pembelajaran seni rupa melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahapan perencana, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siklus I adalah 63,15%, dan siklus II adalah 92% dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dapat ditingkatkan dalam Pelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi. Adapun hasil pengamatan guru dan siswa dalam penelitian ini terdapat pada siklus I yaitu 64% dan pada siklus II mendapatkan hasil 82,25%. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini dikatakan berhasil. The purpose of this research is to improve the creativity in creating a mosaic in Art subject through demonstration method for fourth graders of SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. The research was conducted at SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. The subject of this study is the fourth graders of primary school in the first semester of academic year 2016/2017 where the number of the pupils was 38. This research method was done using action research spiral model / cycle of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with two-cycle stages. The stages are planning, implementation / action, observation and reflection. O collect the data, the writer applied observation / observation and interview observation and documentation / photos taken during the learning process. The results of this study indicate that the data obtained from the learning process by using the method of demonstration on the first cycle reached 63.15%, while in the second cycle, it reached 92%. Based on the data gained from the research, it can be concluded that the creativity in creating a mosaic in Art subject for fourth graders of SDN Rawamangun 09 Pagi, East Jakarta can be enhanced through demonstration method. The results of teachers’ and students’ observation in this study achieved 64% in the first cycle and 82.25% in the second cycle. Based on the research result, the writer concludes that demonstration method is able enhance students’ creativity in making a mosaic in Art subject for fourth graders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Olga D Pandeirot, M.Pd. 2). Dr. Muhamad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25921

Actions (login required)

View Item View Item