PERAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIAL ENTREPRENEURSHIP) DI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARJINAL Studi Kasus Kegiatan Kewirausahaan Sosial Nara Kreatif

FITRIA DIANI OKTARIA, . (2017) PERAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIAL ENTREPRENEURSHIP) DI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARJINAL Studi Kasus Kegiatan Kewirausahaan Sosial Nara Kreatif. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
Bab II Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRACT english.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV cocer.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB V cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB III cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB III_.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Isi_.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB V_.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Biodata.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Instrumen Penelitian.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS FIX.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Untitled-1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
PEDOMAN WAWANCARA bener.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Untitled-2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Motto.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang nilai-nilai yang digunakan Nara Kreatif kepada anak jalanan dalam kegiatan yang dijalankan dan menelaah bentuk usaha sosial dari Nara Kreatif. Unit analisis pada skripsi ini adalah penerapan usaha sosial Nara Kreatif melalui nilai-nilai yang ditanamkan pada anak jalanan dan menghasilkan perubahan yang berarti bagi anak jalanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Subjek penelitian ini adalah lima orang mulai dari pihak Nara Kreatif dan anak-anak jalanan sebagai informan. Konsep yang digunakan adalah kewirausahaan sosial yaitu dimana menjelaskan permasalahan sosial dapat dipecahkan melalui pendekatan usaha sosial dengan menciptakan solusi yang inovatif. Selain itu, konsep agen strtuktur Anthony Giddens yang menjelaskan bagaimana agensi yang berusaha mengubah struktur melalui rasionalisasi tindakan yang dilakukannya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keberadaan Nara Kreatif berperan sebagai agen perubahan. Dimana Nara Kreatif memberikan pembinaan dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan sosial sebagai bentuk internalisasi usaha sosial Nara Kreatif pada anak-anak jalanan seperti nilai kejujuran, kepedulian, kekeluargaan, keadilan, keterbukaan, kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan tanggung jawab. Lalu, Nara Kreatif menjadi sarana yang memberdayakan melalui kegiatan positif yang dijalani anak jalanan dengan menumbuhkan kreatifitas pada kegiatan pelatihan keterampilan berupa pembuatan produk daur ulang kertas, sablon, menjahit, menari, lalu juga memfasilitasi pendidikan mereka. Potret perubahan yang tercipta yaitu pada pembentukan karakter positif anak jalanan, tambah kreatif, dan mempunyai gambaran akan masa depan (future oriented). Kewirausahaan sosial menjadi sarana dalam upaya peningkatan kehidupan masyarakat miskin yang memiliki keterbatasan mengakses sumber ekonomi. Kebermanfaatan Nara Kreatif pada anak jalanan yaitu adanya misi sosial, lalu orientasi dan tujuannya juga pada memberikan keuntungan bisnis bagi usaha yang dibangun Nara Kreatif (Profit oriented) untuk keberlanjutan misi pemasaran produk. Berdasarkan hasil yang nyata di lapangan, pengaruh yang diberikan agen (Nara Kreatif) sudah dapat mempengaruhi struktur masyarakat pada anak jalanan. Sehingga kontruksi teori Giddens telah mencapai titik dimana usaha sosial ini telah memberikan nilai-nilai pada anak jalanan yang mengarah pada aktivitas kehidupan yang lebih baik. This study examines the values used by Nara Kreatif to street children in the activities undertaken and examines the form of social enterprise of Nara Kreatif. The unit of analysis in this thesis is the implementation of social business in Nara Kreatif through the values embedded in street children and produce significant changes for street children. This research uses qualitative approach. Data collection techniques used were observation techniques, in-depth interviews, and literature studies. The subject of this research is five people ranging from the Nara Kreatif and street children as informants. The concept used is social entrepreneurship, in which explaining social problems can be solved through a social business approach by creating innovative solutions. In addition, the concept of structural agent Anthony Giddens explains how the agency seeks to change the structure through the rationalization of its actions. The results of this study found that the existence of Nara Kreatif acts as an agent of change. The Nara Kreatif provide coaching with the cultivation of social entrepreneurial values as a form of internalization of the Nara Kreatif on street children such as honesty, caring, family, justice, openness, leadership, independence, discipline and responsibility. Then, Nara Kreatif becomes an empowering tool through positive activity which is done by street children by growing creativity in skill training activity such as making recycled paper product, screen printing, sewing, dancing, and also facilitate their education. Portraits of changes that are created is on the formation of positive character of street children, be creative, and have a picture of the future (future oriented). Social entrepreneurship is a means of improving the lives of poor people with limited access to economic resources. The usefulness of Nara Kreatif on street children is social mission, then orientation and its goal also to give business profit for business which is built Nara Kreatif (Profit oriented) for sustainability of product marketing mission. Based on the real results in the field, the influence given by the agent (Nara Kreatif) has been able to influence the structure of society on street children. Thus the construction of Giddens theory has reached the point where this social enterprise has given values to street children that lead to better life activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ciek Julyanti, MM,.M.Si 2) Rusfadia Saktiyanti, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:01
Last Modified: 07 Apr 2022 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item