PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian dan Pengembangan Di Kelas IV Sekolah Dasar)

MARINTA YOGANA, . (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian dan Pengembangan Di Kelas IV Sekolah Dasar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (15kB)
[img] Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. Lembar Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (95kB)
[img] Text
16. Daftar Lampiran Data.pdf

Download (784kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar bahasa Inggris berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning. Fokus pengembangan bahan ajar ini yaitu pada materi waktu. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Peneliti menggunakan sembilan langkah dari sepuluh langkah pengembangan Borg dan Gall. Adapun teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan angket. Data yang diperoleh dari ahli media sebesar 97 yang berarti Sangat Baik, ahli bidang studi sebesar 88 yang berarti Sangat Baik, pendidik 1 dan 2 sebesar 95 yang berarti juga Sangat Baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik pada evaluasi satu-satu yaitu Sangat Baik, pada evaluasi kelompok kecil yaitu Sangat Baik, dan pada uji coba lapangan yaitu Sangat Baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari semula 58,50 menjadi 89,17. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV Sekolah Dasar. The purpose of this research and development is to produce an English teaching material based on Contextual Teaching and Learning approach. This research and development focuses on time unit. Development model which is used on this research and development is Borg and Gall model. Researcher uses nine of ten steps of Borg and Gall model. The datas are colleced by interview, observation, and questionnaire. The media expert evaluates 97 which means very good, the subject expert evaluates 88 which also means very good and both of the english teacher evaluates 95 for this product which also mean very good. Researcher finds very good data and feed back from one-to-one evaluation, small group evaluation, and field test. Field test results show that there is an improvement of the average students’ score from 58,50 to 89,17. Thus, this English teaching material is very good to be used in the fourth grade of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd. 2). Dr. Moh. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:53
Last Modified: 11 Apr 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item View Item