KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN KEBON PALA 01 PAGI

THESSA LONA CHRISTIN NAPITUPULU, . (2017) KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN KEBON PALA 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AbstakINGG.pdf

Download (112kB)
[img] Text
AbstakINDO.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB5 SKRIPSI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB4 (Recovered).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Bab2.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Kata Pnghntr.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (38kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN UJIAN SKRIPSI-1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (161kB)
[img] Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penyesuaian diri anak terhadap proses pembelajaran khususnya kelas 3 SD. Subjek penelitia ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas 3 SDN Kebon Pala 01 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan cara mengelompokkan datadata yang telah di dapatkan yang dimulai dari mereduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri yang dimiliki anak berkebutuhan khusus mempunyai bentuk-bentuk yang berbeda selain itu ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi anak terhadap proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru sebaiknya selalu mengajak atau membimbing anak berkebutuhan khusus agar selalu bersosialisasi agar bisa menyesuaikan dirinya dan dapat dijadikan salah satu upaya untuk anak dapat menyesuaikan dirinya , dan dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal. This qualitative research aims to describe the ability of children's adjustment to the learning process, especially the 3rd grade elementary school. The subjects of this research consisted of one subject that is grade 3 SDN Kebon Pala 01 Pagi. The method used is descriptive method with qualitative approach. Data collection was done by observation, interview, and documentation, then analyzed by using Miles and Huberman model. The results showed that learning activities using media and attention had a positive effect on the success in learning. These results indicate that learning activities with adequate facilities and infrastructure, giving attention, and guiding children with special needs can be used as an effort for children to adjust themselves, and can follow the learning well. Therefore, teachers should give special attention, especially to children with special needs to meet the maximum learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). DR. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:23
Last Modified: 22 Apr 2022 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item View Item