PENGGUNAAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ASAM BASA DI SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN

DENNY PANGESTUTIYATI, . (2015) PENGGUNAAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ASAM BASA DI SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada konsep Asam Basa melalui penggunaan Conceptual Change Text (CCT). Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 47 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Tambun Selatan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Siklus pertama menggunakan konsep Teori Asam Basa. Siklus kedua menggunakan konsep Sifat Asam Basa dan Indikator Larutan Asam Basa. Siklus ketiga menggunakan konsep Kekuatan Asam dan Basa serta Nilai pH. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, reflektif jurnal, tes melalui lembar soal Conceptual Change Text (CCT) untuk mengidentifikasi pengetahuan awal, melakukan perubahan konsep siswa pada pengetahuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Conceptual Change Text (CCT) efektif dalam mengurangi miskonsepsi siswa dimana pada siklus pertama terdapat 64,4% siswa pada kategori Parsial Understanding (PU), pada siklus kedua terdapat 50,1% siswa yang masuk ke dalam kategori Sound Understanding (SU), dan pada siklus ketiga terdapat 87,1% siswa yang masuk ke dalam kategori Sound Understanding (SU). Penelitian ini dihentikan ketika siswa telah mencapai kategori Sound Understanding (SU) sebesar ≥ 75%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Marheni, M.Sc. ; 2). Drs. Sukro Muhab, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:44
Last Modified: 26 Apr 2022 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27547

Actions (login required)

View Item View Item