WISNU AJI PRADOPO, . (2017) EFEKTIFITAS METODE RESIPROKAL DAN KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN JURUS PENCAK SILAT PSHT SISWA PUTRA DAN PUTRI SMP NEGERI 255 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (12kB) |
|
Text
4. Daftar Tabel.pdf Download (83kB) |
|
Text
1. Ringkasan.pdf Download (142kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (4kB) |
|
Text
2. Kata Pengantar.pdf Download (131kB) |
|
Text
JUDUL RESIPROKAL.pdf Download (106kB) |
|
Text
lampiran jurus.doc2.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
complete revisan.doc2.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (0B) |
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (57kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (2MB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (5kB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Metode Resiprokal Dan Komando Terhadap Hasil Belajar Gerakan Jurus Pencak Silat PSHT Siswa Putra Dan Putri SMP Negeri 255 Jakarta. Penelitian ini bertempat di Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 255 Jl. Raden Inten II Duren Sawit Jakarta Timur. Waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari rencana penelitian hingga penyusunan dilakukan bulan Mei sampai dengan Juli 2017. Penelitian dan pengembangan dilakukan untuk efektifitas metode resiprokal dan komando terhadap hasil belajar gerakan jurus pencak silat PSHT siswa putra dan putri SMP N 255 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan ” pre test and post test design ” yaitu dengan melakukan tes awal dan tes akhir di dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa putra dan putri SMP Negeri 255 Jakarta Timur yang belum mendapatkan materi pencak silat sejumlah 40 siswa. 1. Hasil tes awal dan tes akhir kelompok Metode Resiprokal Hasil analisis tes awal dan akhir hasil gerakan jurus atas menggunakan metode resiprokal diperoleh nilai rata-rata deviasi (MD) = 3,05 standar kesalahan (SD) = 1,27, standar kesalahan mean (SEmD) = 0,29. Hasil tersebut menghasilkan nilai t – hitung = 10,51. Hasil perhitungan tersebut kemudian diujikan dengan t – ii tabel pada derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 20 – 1 = 19 dengan taraf kepercayan ( α ) = 0,05 diperoleh nilai kritis t – tabel = 2,093. Dengan demikian nilai t – hitung lebih besar dari t – tabel (t – hitung = 10,51> t – tabel = 2,093). Berdasarkan hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan hipotesis nol (H0) ditolak, hipotesis kerja (H1) diterima, berarti metode resiprokal efektif dalam meningkatkan hasil belajar gerakan jurus pencak silat PSHT pada pada siswa putra dan putri SMP Negeri 255 Jakarta. 2. Hasil tes awal dan tes akhir kelompok metode komando Hasil analisis tes awal dan akhir hasil gerakan jurus atas menggunakan metode komando diperoleh nilai rata-rata deviasi (MD) = (2,95) standar kesalahan (SD) = (1,12)standar kesalahan mean (SEmD) = (0,28). Hasil tersebut menghasilkan nilai t – hitung = (10,53). Hasil perhitungan tersebut kemudian diujikan dengan t – tabel pada derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 20 – 1 = 19 dengan taraf kepercayan ( α ) = 0,05 diperoleh nilai kritis t – tabel = 2,093. Dengan demikian nilai t – hitung lebih besar dari t – tabel (t – hitung = 10,53 > t – tabel = 2,093). Berdasarkan hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan hipotesis nol (H0) ditolak, hipotesis kerja (H1) diterima, berarti metode komando efektif dalam meningkatkan hasil belajar gerakan jurus pencak silat PSHT pada siswa putra dan putri SMP Negeri 255 Jakarta. 3. Hasil tes awal dan tes akhir kelompok metode Komando dan Resiprokal Data tes akhir hasil belajar gerakan jurus pada kelompok metode komando dan resiprokal diperoleh standar perbedaan antara dua mean (SEmx2x – my2) = 1,26, nilai tersebut menjadikan t – hitung diperoleh = 0,15 . Kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel pada derajat keabsahan (dk) = (N1 + N2) iii – 2 = (20+20) – 2 = 38 dan taraf kepercayaan ( α ) = 0,05 diperoleh nilai kritis t – tabel = 2,021. Dengan demikian t – hitung lebih besar dibandingkan t – tabel (t – hit = 0,15< t – tabel = 2,021). Berdasarkan hasil analisa data tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa metode komando lebih efektif daripada metode resiprokal terhadap hasil gerakan jurus pencak silat PSHT pada siswa putra dan putri SMP Negeri 255 Jakarta In general, this study aims to determine how the Effectiveness of Reciprocal Methods and Commands Against Learning Results Movement Pencak Silat PSHT Student Putri And Putri SMP Negeri 255 Jakarta. This research took place at the place of research conducted in SMP Negeri 255 Jl. Raden Inten II Duren Sawit East Jakarta. The time used during the study from the research plan to the preparation conducted from May to July 2017. Research and development carried out for the effectiveness of methods of reciprocal and command to the learning outcome of the movement movements pencak silat PSHT students and children of SMP N 255 Jakarta. This research uses experimental method using "pre test and post test design" that is by conducting preliminary and final test in two groups given different treatment. The population in this research is all students of SMP Negeri 255 East Jakarta who have not got martial arts material of 40 students. 1. Preliminary and final test results of the Reciprocal Method group The results of the initial and final test results of the movement of the upper stance using the reciprocal method obtained the mean value of deviation (MD) = 3.05 standard error (SD) = 1.27, standard error mean (SEmD) = 0.29. The result produces a t-count value = 10.51. The result of the calculation is then tested with t - table at degrees of freedom (dk) = n - 1 = 20 - 1 = 19 with the level of trust () = 0,05 obtained the critical value t - table = 2.093. Thus the value of t - count is greater than t - table (t - count = 10.51> t - table = 2.093).Based on the result of the data analysis, it can be concluded that the null hypothesis (H0) is rejected, the working hypothesis (H ¬ 1) is accepted, it means that effective reciprocal method in improving the learning outcomes of PSHT pencak silat movements in the students of SMP Negeri 255 Jakarta. 2. Initial test results and the final test of the command method group The results of the initial and final test of the results of the upper jutsu movement using the command method obtained the mean value of deviation (MD) = (2,95) standard error (SD) = (1.12) standard error mean (SEmD) = (0.28 ). The result produces a t-count = (10,53). The result of the calculation is then tested with t - table at degrees of freedom (dk) = n - 1 = 20 - 1 = 19 with the level of trust () = 0,05 obtained the critical value t - table = 2.093. Thus the value of t - count is greater than t - table (t - count = 10.53> t - table = 2.093).Based on the result of the data analysis, it can be concluded that the null hypothesis (H0) is rejected, the working hypothesis (H ¬ 1) is accepted, meaning the effective command method in improving the learning outcomes of PSHT pencak silat movements in the students of SMP Negeri 255 Jakarta. 3. Preliminary and final test results of the group of Command and Reciprocal methods The final test result data of movement movement in group of command and reciprocal method obtained standard difference between two mean (SEmx2x - my2) = 1.26, the value makes t-count obtained = 0.15. Then the result of the calculation is tested with the table on the degree of validity (dk) = (N1 + N2) - 2 = (20 + 20) - 2 = 38 and the level of trust () = 0,05 obtained the critical value t - table = 2.021. Thus t - count is greater than t - table (t - hit = 0.15 <t - table = 2.021).Based on the results of the data analysis then H0 rejected and H1 accepted so it can be concluded that the command method is more effective than the reciprocal method of PSHT pencak silat movement results in the students of the sons and daughters of SMP Negeri 255 Jakarta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Johansyah Lubis, M.Pd 2) Iwan Setiawan, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Penjaskesrek |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 07:49 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 07:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30657 |
Actions (login required)
View Item |