MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE BAGI SISWA KELAS X DI MAN 8 JAKARTA

AULIA FARIKHA, . (2021) MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE BAGI SISWA KELAS X DI MAN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
8.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire bagi siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Peneliti membatasi Langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan Langkah : 1) Analisis Kebutuhan dari siswa kelas X terhadap media pembelajaran Bahasa Arab 2) Desain media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire 3) Mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire 4) Mengevaluasi media pembelajaran dengan cara penilaian dari Ahli materi dan Ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah : wawancara dan kuesioner. Berdasarkan kesimpulan data penelitian, peneliti memperoleh : 1) Analisis kebutuhan dari 32 siswa kelas X MAN 8 Jakarta, menunjukkan bahwa 93,8% siswa merasa senang jika belajar Bahasa Arab menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire. 2) Pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire memperoleh nilai total 4,84 dengan kategori “Sangat Layak” (96,8%) oleh ahli materi, dan memperoleh nilai total 4 dengan kategori “Sangat Layak” (80%) oleh ahli media. Maka dari itu, media pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Lectora Inspire dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab bagi kelas X Madrasah Aliyah Negeri 8 Jakarta. The purpose of this research was to develop a media Arabic language learning by using Lectora Inspire for students in grade X at 8 Senior High Islamic School Jakarta. The method used in this study is a Research and Development (R&D) method based on the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The researcher limits the steps of method used in this research, namely: 1) Analysis of the needs of grade X students of 8 senior high Islamic school in Arabic lesson, 2) Designed Arabic languange learning media by using lectora inspire, 3) develop produf of Arabic language learning media by using lectora inspire, 4) evaluate Arabic language learning media by using lectora inspire based on material experts and media experts. Based on the result of the research data, researchers obtained that: 1) Analysis of needs of 32 students in grade X at Senior High Islamic school Jakarta, indicate 93,8% feel happy and interested in the existence of more creative and innovative learning media in the learning Arabic process, then the learning media by using lectora inspire is needed, 2) Development of Arabic languange learning media by using lectora inspire with the category 4,84 with the category “Very Feasible” (96,8%) by material experts, and obtained total score of 4 with the category “Very Feasible” by media experts. Therefore, the Arabic languange learning media by using lectora inspire is declared very feasible to be used in Arabic languange learning activites for grade X at 8 Senior High Islamic School Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Syamsi Setiadi,M.Pd. ; 2). Dr.Ahmad Murodi,M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:07
Last Modified: 23 Jan 2024 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item