UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGATION (CLGI) (Studi Penelitian Tindakan Kelas tentang Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Karet 06 Pagi Jakarta Selatan)

DWI OKTAVIYANI, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGATION (CLGI) (Studi Penelitian Tindakan Kelas tentang Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Karet 06 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN 1-12.pdf

Download (526kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN 13.pdf

Download (237kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. LAMPIRAN 18.pdf

Download (377kB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (131kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN 14-16.pdf

Download (506kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN 17.pdf

Download (50kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang pesawat sederhana melalui model Cooperative Learning Group Investigasi (CLGI) pada siswa kelas V SDN Karet 06 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karet 06 Pagi Jakarta Selatan pada kelas V. Waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Maret sampai Mei 2013 pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunkan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dilihat dari siswa yang memperoleh skor ≥ 62 sebanyak 22 siswa atau 73,33% pada siklus I sedangkan pada siklus II menjadi 90% yang artinya sebanyak 27 siswa memperoleh skor ≥ 62. Skor pemantauan tindakan aktivitas siswa dan guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pemantauan tindakan siswa mencapai 78,75%, sedangkan aktivitas guru mencapai 79%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 90% dan aktivitas guru menjadi 91%. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Learning Group Investigasi (CLGI) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar. The purpose of this research is to improve learning outcomes in science about airplane simple through Cooperative Learning Group Investigation (CLGI) in 5 th grade students of SDN 06 Karet Pagi South Jakarta. The research was conducted at the SDN 06 Karet Pagi South Jakarta at class V for three months from March to May 2013 in the second semester of academic year 2012/2013. Research methods was classroom action research using Kemmis and Mc. Taggart model with four phases of each cycle namely planning, action, observation, and reflection. The study was conducted in two cycles. The results showed that learning outcomes increased obtain scor ≥ 62 were 22 students or 73.33% in the first cycle, while in the second cycle to 90%, which means a total of 27 students obtained score ≥ 62. Activities score of students and teachers activities also increased. In the first cycle of students reached 78.75%, while the teacher's activities reached 79%. In the of second cycle of student activity increased to 90% and teachers activity to 91%. The implication of this research was Cooperative Learning Group Investigation Model (CLGI) can be used to improve learning outcomes of science at 5 th grade students elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno ; 2). Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:24
Last Modified: 16 Aug 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item View Item