PENGARUH UMPAN BALIK PENILAIAN FORMATIF DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS

JURIADI, . (2013) PENGARUH UMPAN BALIK PENILAIAN FORMATIF DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis_Juriadi_BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_Cover_Abstract_Ringkasan_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Tesis_Juriadi_DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari umpan balik penilaian formatif dan locus of control terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan desainnya adalah desain faktorial 2x2 dan hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis varians dua jalan (ANAVA). Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes dan non tes. Uji panel dilakukan untuk mendapatkan validitas isi instrumen. Sampel penelitian ini adalah dua sekolah dasar negeri. Pemilihan sampel menggunakan teknik multi-stage random sampling Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis bahasa Inggris dengan menggunakan umpan balik individual lebih tinggi dari umpan balik klasikal, (2) kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dari siswa yang memiliki locus of control eksternal, (3) ada efek interaksi antara umpan balik dan locus of control terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris, (4) khusus kelompok siswa yang memiliki locus of control internal yang diberikan umpan balik individual lebih tinggi daripada yang diberikan umpan balik klasikal, dan (5) khusus kelompok siswa yang diberikan umpan balik individual, keterampilan menulis bahasa Inggris siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dari siswa yang memiliki locus of control eksternal. Hasil dari penelitian ini mengarah pada kesimpulan bahwa pemberian umpan balik individual lebih efektif terutama dalam pembelajaran menulis untuk siswa tingkat sekolah dasar. Dan umpan balik ini juga dapat diterapkan untuk subyek studi dan tingkatan lainnya. ***** Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari umpan balik penilaian formatif dan locus of control terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan desainnya adalah desain faktorial 2x2 dan hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis varians dua jalan (ANAVA). Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes dan non tes. Uji panel dilakukan untuk mendapatkan validitas isi instrumen. Sampel penelitian ini adalah dua sekolah dasar negeri. Pemilihan sampel menggunakan teknik multi-stage random sampling Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis bahasa Inggris dengan menggunakan umpan balik individual lebih tinggi dari umpan balik klasikal, (2) kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dari siswa yang memiliki locus of control eksternal, (3) ada efek interaksi antara umpan balik dan locus of control terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris, (4) khusus kelompok siswa yang memiliki locus of control internal yang diberikan umpan balik individual lebih tinggi daripada yang diberikan umpan balik klasikal, dan (5) khusus kelompok siswa yang diberikan umpan balik individual, keterampilan menulis bahasa Inggris siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dari siswa yang memiliki locus of control eksternal. Hasil dari penelitian ini mengarah pada kesimpulan bahwa pemberian umpan balik individual lebih efektif terutama dalam pembelajaran menulis untuk siswa tingkat sekolah dasar. Dan umpan balik ini juga dapat diterapkan untuk subyek studi dan tingkatan lainnya.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. H. Djaali ; 2). Dr. Nurjannah, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:28
Last Modified: 16 Aug 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32568

Actions (login required)

View Item View Item