PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PEMAHAMAN PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III DI WILAYAH KECAMATAN TAMBUN SELATAN

WIDYANINGSIH, . (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PEMAHAMAN PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III DI WILAYAH KECAMATAN TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab II Ok..pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB III ok..pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I Ok.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Abstrak widya.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
tabel2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RPP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
soal setelah ujicoba.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
soal sebelum ujicoba.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbantuan komputer terhadap pemahaman pecahan siswa kelas III Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tambun Selatan. Penelitian dilaksanakan di SDIT Al-Fidaa Desa Setia Mekar Kecamatan Tambun Selatan-Bekasi, dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2011 dengan sampel siswa kelas III pada semester I tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Two Stage Cluster Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, Pengumpulan data diambil dari hasil skor soal yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran matematika tentang mengenal pecahan sederhana, membandingkan pecahan sederhana, dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pecahan sederhana. Hasil perhitungan dan analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung=8,09 > 1,67= ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Ini menunjukkan H0 ditolak, dengan demikian proses penelitian diterima. Uji persyaratan analisis yang digunakan untuk homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan taraf signifikan α = 0,05, kriteria pengujian: jika  2 hitung <  2 tabel, maka berarti sampel berasal dari varians yang homogen, sebaliknya jika  2 hitung >  2 tabel maka berarti tidak homogen. Untuk uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan α = 0,05. Kriteria pengujian: sampel berdistribusi normal jika Lhitung < Ltabel, sebaliknya jika Lhitung > Ltabel berarti sampel berdistribusi tidak normal. Setelah dilakukan perhitungan menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbantuan komputer terhadap pemahaman pecahan siswa kelas III Sekolah dasar di wilayah Kecamatan Tambun Selatan. ***** The research is aimed analyze the effect of teaching CAI (Computer Assisted Instruction) to fraction’s understanding of students class III subdistrict South Tambun. The research was conducted at the Al-Fidaa Integrated Islamic School of the month October until December 2011 with the sample was students grade III in the first semester of the school year 2011/2012. The sample was taken by using Two Stage Cluster Sampling. The method used experimental method. Data was gathered by using questions result score and analyzed by t-test. The result of t-test revealed that th = 8.09 > tt = 1.67. It means that there was significant differences. Thus, this result revealed that hypothesis are accepted. The analyze qualification using homogeneity test with Bartlett’s test, by comparing the two variants using significant level α = 0.05. Test criteria: if  2 hitung <  2 tabel, it means sample from homogeneous varians, on the contrary if  2 hitung >  2 tabel, it wasn’t homogeneous. To normality test with Lilliefors test, using significant level α = 0.05. Test criteria: The sample have normal distribution if L0 < Lt, on the contrary if L0 > Lt means sample haven’t normal distribution. After calculated, the result indicated that the sample have normal distribution and homogeneous. Therefore can conclused that there was significant effect of teaching CAI (Computer Assisted Instruction) to fraction’s understanding of students elementary school of class III subdistrict South Tambun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:18
Last Modified: 08 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item