NELLI ULLO, . (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS TENTANG PAHLAWAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak skripsi NELLI ULLO.pdf Download (138kB) |
|
Text
ANALISIS DATA PRA PENELITIAN NELLI ULLO.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI NELLI ULLO.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I skripsi NELLI ULLO.pdf Download (106kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI NELLI ULLO.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI NELLI ULLO.pdf Download (46kB) |
|
Text
cAVER YG BNR NELLI ULLO.pdf Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI NELLI ULLO BARU.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NELLI ULLO.pdf Download (40kB) |
|
Text
lampiran Skripsi NELLI ULLO.pdf Download (399kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING NELLI ULLO.pdf Download (29kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SARJANA NELLI ULLO.pdf Download (76kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN VALIDAS1 NELLI ULLO.pdf Download (54kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN DARI SDN GUNTUR 03 PAGI JAKSEL (NELLI ULLO).pdf Download (99kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI NELLI ULLO.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplemtasikan melalui metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran IPS untuk dapat meningkatkan motivasi belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan penelitian di Sekolah Dasar Negeri 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai April 2010 dengan subyek penelitian berjumlah 32 siswa yang duduk di kelas V. Penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas Menurut Kemmis menggunakan siklus, setiap siklus melalui lima tahapan kegiatan yaitu Perencanaan,Pelaksanaan, Tindakan,Pengamatan,refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar, setelah di lakukan tindakan pada siklus kesatumencapai 72,87%, siklus kedua mencapai 88,90%. Adapun observasi tindakan guru dalam pembelajaran diskusi pada siklus pertama 75%, pada siklus kedua mencapai 88%. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada prosentase motivasi belajar melalui metode diskusi siswa belum dilakukan tindakan dengan sesudah dilakukan tindakan baik pada siklus pertama dan kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar IPS sebesar 20,30% di Sekolah Dasar Negeri Guntur 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. ***** This study aimed to mengimplemtasikan through the method of discussion in social studies learning activities to increase motivation to learn. To achieve these objectives the author conducted research in 03 public elementary school in South Jakarta Setiabudi morning. The study was conducted from January to April 2010 with research subjects numbered 32 students who sat in class V. Research using action research Classes by Kemmis use cycles, each cycle through the five stages of the Planning, Execution, Action, Observation, reflection. The results showed that an increase in motivation to learn, after doing the action in the cycle kesatumencapai 72.87%, 88.90% reached the second cycle. The observation of teachers in action learning cycle of discussion at the first 75%, at the second cycle reaches 88%. Thus, a statistically significant increase in the percentage of learning motivation through student discussion method has not been done with the action after the action at both first and second cycle. From this research we can conclude that the discussion of learning can improve learning motivation IPS for 20.30% of public elementary school in Guntur 03 Morning, South Jakarta Setiabudi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Drs. F.T. Munthe, M.A. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 06:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35710 |
Actions (login required)
View Item |