PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BOGOR

LUTHFIA HANALIA, . (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang dirancang dalam bentuk butir pernyataan dengan penilaian skala Likert, kemudian didistribusikan melalui google form dengan melibatkan 101 sampel guru Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan memperhatikan proporsi tiap wilayah populasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,272, (2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,374, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,313. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bogor dapat ditingkatkan melalui kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. The purpose of this study was to find out whether there is a direct influence of the principal leadership on teacher performance, a direct influence of work motivation on teacher performance, and a direct influence of the principal leadership on teacher work motivation in the State Madrasah Aliyah in Bogor City. The research method used was a survey, with a quantitative approach and path analysis techniques. The data collection technique used a questionnaire designed in the form of statement items with a Likert scale rating, then distributed via google form involving 101 samples of State Madrasah Aliyah teacher in Bogor City. The sampling technique in this study used proportional random sampling taking into account the proportion of each population area. The result of this study indicates that: (1) there is a positive direct influence of the principal leadership on teacher performance with path coefficient of 0,272, (2) there is a positive direct influence of work motivation on teacher performance with path coefficient of 0,374, and (3) there is a positive direct influence of the principal leadership on work motivation with path coefficient of 0,313. Based on the results of the study, it can be concluded that efforts to improve the performance of public State Madrasah Aliyah teacher in Bogor City can be improved through the principal leadership and work motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 17651 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:30
Last Modified: 08 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38218

Actions (login required)

View Item View Item