FAKTOR-FAKTOR MEDIA SOSIAL X @TXTDARIBOGOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN INFORMASI PENGIKUT (ANALISIS PADA KONTEN TENTANG PEMBATAS TAMAN DI STASIUN BOGOR)

YOLLA CASTRO GUCCI, . (2024) FAKTOR-FAKTOR MEDIA SOSIAL X @TXTDARIBOGOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN INFORMASI PENGIKUT (ANALISIS PADA KONTEN TENTANG PEMBATAS TAMAN DI STASIUN BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial X @txtdaribogor telah menjadi platform penting dalam menyebarkan informasi terkini tentang Bogor. Pada tanggal 23 Mei 2023, unggahan mengenai pembaruan pembatas taman di Stasiun Bogor menuai berbagai tanggapan, beberapa di antaranya mengkritik konten tersebut karena dianggap kurang terkini. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor media sosial X @txtdaribogor yang mempengaruhi kebutuhan informasi pengikut terkait konten pembatas taman di Stasiun Bogor. Penelitian ini menggunakan teori new media yang menekankan pada transformasi komunikasi akibat teknologi digital dan internet. Variabel X yaitu media sosial dianalisis berdasarkan lima dimensi, yaitu aksesibilitas (accessibility), kecepatan (speed), interaktivitas (interactivity), longevity/volatility, dan keterjangkauan (reach), sementara variabel Y yaitu kebutuhan informasi mencakup dimensi kebutuhan informasi mutakhir, kebutuhan informasi rutin, kebutuhan informasi mendalam, dan kebutuhan informasi sekilas. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif yang dilakukan secara daring dengan metode survei melalui kuesioner Google Form. Dari populasi 203.000 akun X, diperoleh sampel 100 responden berdasarkan teknik purposive sampling dengan rumus Slovin. Analisis faktor digunakan untuk mengidentifikasi faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan informasi pengikut terkait konten pembatas taman di Stasiun Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial X @txtdaribogor memiliki jangkauan yang luas dalam menyajikan konten mengenai pembatas taman di Stasiun Bogor, memungkinkan informasi tersebut dapat diakses oleh banyak pengguna dari berbagai lokasi. Pada aspek kebutuhan informasi, diketahui bahwa konten mengenai pembatas taman di Stasiun Bogor memenuhi kebutuhan informasi sekilas sehinga memberikan pemahaman yang cepat bagi pengikutnya. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa media sosial X @txtdaribogor mampu memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya, terutama dalam hal informasi sekilas. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor keterjangkauan (reach) menjadi faktor media sosial X @txtdaribogor yang paling mempengaruhi kebutuhan informasi pengikut terkait pembatas taman di Stasiun Bogor, namun masih terdapat faktor lain yang belum sepenuhnya terungkap dalam penelitian ini. Oleh karena itu, temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor media sosial lain yang mempengaruhi dan relevansinya sesuai dengan kebutuhan informasi pengikut. Kata Kunci : media sosial, kebutuhan informasi, media baru The X account @txtdaribogor has become an important platform in disseminating the latest information about Bogor. On May 23 2023, a post regarding updates to park barriers at Bogor Station received various responses, some of which criticized the content because it was considered not up to date. Based on these problems, research was conducted to determine the factors of social media X @txtdaribogor that influence followers' information needs regarding the content of park barriers at Bogor Station. This research uses new media theory which emphasizes the transformation of communication due to digital technology and the internet. Variable X, namely social media, is analyzed based on five dimensions, namely accessibility, speed, interactivity, longevity/volatility, and reach, while variable Y, namely information needs, includes the dimensions of up-to-date information needs, routine information needs, and in-depth information needs, and information needs at a glance. This research uses a positivism paradigm with an explanatory quantitative approach carried out online using a survey method via a Google Form questionnaire. From a population of 203,000 followers, a sample of 100 respondents was obtained based on a purposive sampling technique using the Slovin formula. Factor analysis was used to identify the main factors that influence followers' information needs regarding the content of park barriers at Bogor Station. The research results show that the X account @txtdaribogor has a wide reach in presenting content regarding park barriers at Bogor Station, enabling this information to be accessed by many users from various locations. In the aspect of information needs, it is known that content regarding park barriers at Bogor Station fulfills information needs at a glance so as to provide quick understanding for followers. Based on these findings, it can be stated that the X account @txtdaribogor is able to meet the information needs of its followers, especially in terms of information at a glance. The conclusion of this research states that the reach factor is the factor of the X account @txtdaribogor that most influences followers' information needs regarding park barriers at Bogor Station, however there are still other factors that have not been fully revealed in this research. Therefore, it is hoped that these findings can become a basis for further, more in-depth research regarding other influencing social media factors and their relevance according to followers' information needs. Keywords : social media, information needs, new media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si 2). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yolla Castro Gucci .
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:17
Last Modified: 22 Jul 2024 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45864

Actions (login required)

View Item View Item