RINTISAN USAHA PRODUK MINUMAN REMPAH LOKAL MENGGUNAKAN GULA JAGUNG, GULA KELAPA PUTIH, DAN GULA STEVIA

RAKA KUSUMA NUGRAHA, . (2024) RINTISAN USAHA PRODUK MINUMAN REMPAH LOKAL MENGGUNAKAN GULA JAGUNG, GULA KELAPA PUTIH, DAN GULA STEVIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gaya hidup sehat merupakan sebuah kedisiplinan dari gaya hidup individu dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi dari anggota tubuh dan memiliki kesehatan mental yang baik. Namun pada era digitalisasi saat ini banyak dijumpai minuman tinggi gula dan kalori, sehingga bertolak belakang dengan pola gaya hidup sehat yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu rintisan usaha minuman rempah lokal menggunakan bahan pemanis gula stevia yang rendah kalori, metode penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan penjualan produk dilakukan selama satu periode atau satu bulan. Produk yang akan dijual oleh Peneliti adalah produk minuman rempah lokal jahe dengan merek MRJ, MRJ merupakan minuman yang terbuat dari jahe, sereh, kayu manis, cengkeh, dan gula stevia. Target pasar dari MRJ ini adalah masyarakat berusia produktif dan suka dengan minuman sehat, target penjualan produk MRJ adalah sebanyak 15.000 pcs dalam 1 bulan, sedangkan Peneliti hanya dapat menjual 55 pcs MRJ selama 1 bulan. Kesimpulan yang didapat setelah melakukan penelitian ini adalah penjualan produk MRJ tidak mencapai target penjualan, Peneliti melakukan evaluasi terhadap aspek terhambatnya penjualan produk MRJ, diantaranya dengan kurangnya promosi yang efektif dan masyarakat yang belum mengetahui produk MRJ. Healthy lifestyle is a discipline of individual lifestyle aimed at maximizing bodily functions and maintaining good mental health. However, in today's era of digitalization, high-sugar and high-calorie beverages are prevalent, contradicting existing healthy lifestyle patterns. This study aims to initiate a local spice beverage venture using low-calorie stevia sweetener. The research employs quantitative methods, and product sales are conducted over a period of one month. The product to be marketed by the Researcher is a local spice beverage branded as MRJ. MRJ is made from ginger, lemongrass, cinnamon, cloves, and stevia. The target market for MRJ comprises productive individuals who enjoy healthy beverages. The sales target for MRJ is 15,000 units per month, yet the Researcher was only able to sell 55 units in one month. The conclusion drawn from this study is that MRJ product sales did not meet the sales target. The Researcher evaluated factors hindering MRJ sales, such as ineffective promotion and lack of awareness among the public about MRJ products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Rina Febriana, M.Pd.
Subjects: Tata Boga
Divisions: FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan
Depositing User: Users 24009 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:39
Last Modified: 31 Jul 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47061

Actions (login required)

View Item View Item