MANAJEMEN PENGELOLAAN OBJEK WISATA GREEN CANYON DI DESA MEDALSARI KECAMATAN PANGKALAN KABUPATEN KARAWANG

NOVA DIAN APRIANTY, . (2024) MANAJEMEN PENGELOLAAN OBJEK WISATA GREEN CANYON DI DESA MEDALSARI KECAMATAN PANGKALAN KABUPATEN KARAWANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpengaruh penting dalam usaha peningkatan devisa suatu negara. Sektor pariwisata menduduki peringkat ke-4 sebagai sektor yang menyumbang devisa tertinggi di Indonesia. Maka dari itu diperlukan pengembangan objek-objek wisata sebagai daya tarik wisata. Dalam pengembangannya diperlukan suatu manajemen yang benar dalam pengelolaan objek wisata. Objek wisata Green Canyon merupakan wisata air yang telah diresmikan pada tahun 2016, salah satu penghargaan yang telah diterima oleh objek wisata Green Canyon yaitu menjadi The Best Destinasi dalam ajang Anugrah Sapta Pesona Karawang (Asoka) Awards 2021 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata kebudayaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Namun berbanding terbalik dengan keadaan dilapangan, dimana objek wisata Green Canyon terlihat sepi pengunjung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan objek wisata Green Canyon sebagai aset wisata Desa Medalsari. Dengan ditinjau menggunakan teori Destination Management Organization (DMO). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk menganalisis data menggunakan teknik reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta dengan menggunakan uji keabsahan. Hasil dari penelitian ini yaitu merujuk kepada manajemen pengelolaan yang ada di objek wisata Green Canyon masih belum berjalan dengan optimal. Saran dari peneliti menyatukan visi dan misi antar pengelola, penambahan atraksi wisata lainnya, serta serta mengadakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat lokal dan para pedagang. ***** Tourism is one of the most influential sectors in an effort to increase the currency of a country. The tourism sector is ranked 4th as the sector that contributes the highest currency in Indonesia. Then it is necessary to develop tourist objects as a tourist attraction. In its development a proper management in the management of tourist attractions is required. Green Canyon is a water tour that has been officially inaugurated in 2016, one of the awards received by the tourist attraction Green Conyon is to be the Best Destination in the Anugrah Sapta Pesona Karawang (Asoka) Awards 2021 organized by the Department of Cultural Tourism of Karawang District, West Java. But in contrast to the circumstances on the ground, where Green Canyon's tourist attractions look lonely. The aim of this research is to find out how management of tourist attraction Green Canyon as a tourist asset Medalsari Village. By reviewing using the Destination Management Organization theory (DMO). The method used in this research is the method of qualitative descriptive research. To analyze data using data reduction techniques of data presentation, and the drawing of conclusions as well as using validity tests. The results of this research are referring to the management that exists at the tourist attraction Green Canyon is still not running optimally. The researchers' suggestions unify the vision and mission of managers, the addition of other tourist attractions, as well as training for local communities and traders.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Lala Siti Sahara, M.Si. ; 2). Rinie Octaviany Hasan, M.Si, MM.Par.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Users 22745 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:39
Last Modified: 30 Jul 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47326

Actions (login required)

View Item View Item